Sukses

Kate Middleton atau Camilla, Siapa Pewaris Koleksi Gaun dan Perhiasan Ratu Elizabeth II?

Hal yang menarik perhatian para pemerhati keluarga kerajaan adalah, apa yang akan terjadi pada koleksi gaun serta perhiasan Ratu Elizabeth II?

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan mendiang Ratu Elizabeth II yang diperkirakan mencapai 447 juta dollar kabarnya akan dibagikan pada anggota keluarganya. Hal yang menarik perhatian para pemerhati keluarga kerajaan adalah, apa yang akan terjadi pada koleksi gaun serta perhiasan Ratu Elizabeth II?

Ratu yang tutup usia pada 8 September 2022 itu dikenal menyukai pilihan fashion yang klasik. Elizabeth II kerap mengenakan outfit berwarna senada di kegiatan-kegiatan dalam negeri Sementara dalam acara internasional, Ratu tampil dengan gaun-gaun elegan serta mahal.

Menurut para pakar kerajaan, pakaian-pakaian Ratu Elizabeth II sebagian besar akan jatuh ke tangan cucu menantunya, Kate Middleton yang kini bergelar Princess of Wales. Sedangkan sisa lainnya akan diberikan pada Queen Consort Camilla.

Pemimpin redaksi majalah Majesty Magazine Ingrid Seward mengatakan, sebagai calon ratu, Kate Middleton akan mewarisi sebagian besar pakaian dan perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II. Termasuk perhiasan khusus yang biasa dipakai Ratu. Setelah Kate, barulah Camilla yang dapat bagian.

Meski demikian, beberapa koleksi bersejarah milik Ratu akan disimpan di tempat penyimpanan khusus untuk nantinya dipajang di museum.

"Saya menduga beberapa pakaiannya yang ikonik seperti yang dikenakan dalam Jubilee, jubah dan topi yang dipakai saat royal wedding, tentunya akan disimpan untuk tujuan sejarah," jelas Christine Ross, dikutip New York Post dari Dailymail.

"Historic Royal Palaces Collection menyimpan beberapa pakaian Ratu Victoria dan Puteri Diana, dan pakaian Ratu Elizabeth memiliki daya tarik dan nilai sejarah yang sama," ujarnya.

Ross juga menambahkan bahwa dia tak menyangsikan jika gaun pernikahan serta koronasi Ratu juga akan disimpan di Royal Collection Trust.

"Dan akan cukup sering dipamerkan," ucapnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Diberikan pada Keluarga

Para ahli mengklaim bahwa Ratu--yang sangat menyadari pengaruh dan keberadaannya bagi sejarah--tentunya telah memilah dan menyusun koleksi pakaiannya sebelum tutup usia.

Pakaian yang tidak terlalu bernilai sejarah akan diberikan pada anggota keluarga seperti para cucu dan cicit.

"Benda dari koleksi pribadi Ratu akan diberikan pada anggota keluarganya dengan setiap potong dipilih sendiri oleh Yang Mulia. Seperti benda-benda pusaka lainnya, ini merupakan koleksi spesial," ujar Ross.

"Banyak dari ball gown Ratu yang bisa diberikan pada Puteri Beatrice dan Eugenie, Putri Wales, atau bahkan Puteri Charlotte dan Lilibet di masa depan," tambahnya.

Bagaimana dengan koleksi tiara Ratu Elizabeth II? Pembagian tiara juga tampaknya akan sama seperti baju-baju Ratu. Beberapa di antaranya akan disimpan sebagai koleksi kerajaan, sedangkan lainny akan diberikan pada keluarga.

 

3 dari 3 halaman

Perhiasan untuk Kate dan Camilla

Adapun mengenai perhiasan lainnya, tampaknya Kate Middleton juga yang akan mendapat sebagian besar perhiasan.

“Saya membayangkan perhiasan pribadi mendiang Yang Mulia akan diberikan kepada berbagai anggota keluarganya. Putri Wales sebagai calon ratu menerima bagian terbesar," kata Seward kepada Daily Mail.

Namun, Permaisuri Camilla pun tidak akan pergi dengan tangan kosong.

“Ada sisa perhiasan untuk digunakan oleh istri raja yang berkuasa — dalam hal ini, Camilla. Dia akan membutuhkan banyak koleksi untuk mendukung peran konstitusionalnya,” tambah Seward.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.