Sukses

Lakukan 4 Cara Ini Rutin, Demi Kualitas Hidup Meningkat dan Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta Dalam banyak hal, kesehatan adalah kisah sukses yang luar biasa. Selama abad terakhir, harapan hidup meningkat drastis di sebagian besar dunia. 

Namun sayangnya, sebagian manusia mengabaikan kesehatan hingga akhirnya menyebabkan kesehatannya menurun akibat pola atau gaya hidup yang buruk. 

Laman Mckinsey mengungkapkan sebagai titik awal diskusi McKinsey Health Institute (MHI), mereka percaya bahwa selama dekade berikutnya, umat manusia dapat menambah 45 miliar tahun kehidupan yang berkualitas. 

Dengan kata lain, setiap orang di dunia dapat menambah kualitas hidupnya enam tahun lebih lama. Hal itu didapatkan berdasarkan sumber data dari WHO HALE, data sistem kesehatan, dan data harapan hidup lebih dari 20 ribu wilayah administratif di seluruh dunia, dan laporan kesehatan Prioritas dari McKinsey Global Institute. 

Dari laporan simulasi berbasis skenario tersebut, mengukur efektivitas peningkatan harapan hidup. Aspirasi MHI menjelaskan, setiap orang dapat menunda timbulnya penyakit secara signifikan, misalnya dari usia 55 tahun hingga 65 tahun. 

Nah, untuk mendukung terjadinya peningkatan harapan hidup agar panjang umur, mulai sekarang, kita dapat melakukan empat langkah berikut ini: 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

1. Berjemur

Salah satu alasan kamu harus bangun lebih awal, bukan sekadar untuk melakukan aktivitasmu. Ada baiknya sebelum aktivitasmu dilakukan, cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari. 

Waktu terbaik untuk berjemur sinar matahari di atas pukul 09.00 dengan batas maksimal adalah pukul 11.00. Waktu berjemur pun hanya 15 menit.

 

3 dari 5 halaman

2. Berolahraga

Agar tubuh tetap sehat dan fit, lakukan aktivitas fisik secara aktif. Kamu dapat berolahraga dari yang paling ringan, lalu tingkatkan frekuensi, intensitas, dan durasi dari waktu ke waktu. 

Jenis olahraga untuk dewasa, rekomendasinya adalah latihan aerobik minimal 150 menit untuk olahraga ringan. Sementara jika kamu menggemari latihan aerobik berat, durasinya minimal 75 menit atau 150 menit. 

 

4 dari 5 halaman

3. Pola Makan

Selain dua hal di atas, tubuh juga membutuhkan dukungan dari apa yang kamu konsumsi. Yup, atur pola makan dengan cara menambah protein dari daging, susu, brokoli, ikan atau udang. 

Penuhi juga gizi sehat dengan karbohidrat kompleks dari nasi, wortel, apel, kacang-kacangan, atau pisang untuk menjaga kesehatan tubuh. 

 

5 dari 5 halaman

4. Suplemen

Sudah bukan rahasia lagi, kalau suplemen vitamin C dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Itu karena vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh terhadap infeksi. 

Nah rekomendasi minuman kesehatan yang tepat dikonsumsi selama pancaroba di masa pandemi yang mengandung Biang Vitamin C--zat aktif 1000mg

Ya, vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi biomolekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat, dari kerusakan oksidan yang dihasilkan selama metabolisme sel normal dan melalui paparan racun dan polutan. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.