Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

7 Cara Tingkatkan Keintiman Fisik dalam Pernikahan

Mengembangkan keintiman fisik dalam hubungan pernikahan sama pentingnya dengan afeksi verbal. Hanya saja tak semua orang memandang keintiman fisik dengan cara yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara mengenai keintiman dalam hubungan romantis seperti pernikahan umumnya yang terbayang adalah tindakan fisik seperti bergandengan tangan, bermesraan, berciuman, bahkan berhubungan seksual.

Tak bisa dipungkiri bahwa keintiman fisik merupakan bagian integral dari hubungan romantis. Dapat dikatakan bahwa keintiman fisik adalah faktor utama yang membedakan hubungan romantis dengan jenis hubungan lainnya.

Meski demikian, keintiman fisik tidak hanya terbatas pada seks, melainkan sentuhan sensual dan kedekatan yang ditandai dengan persahabatan, romansa, kepercayaan, cinta, persahabatan dan koneksi seksual yang kuat.

Mengembangkan keintiman fisik dalam hubungan pernikahan sama pentingnya dengan afeksi verbal. Hanya saja tak semua orang memandang keintiman fisik dengan cara yang sama. Selain itu, keintiman fisik dalam pernikahan pun perlu waktu untuk berkembang.

Sebagian pasangan suami istri menghindari keintiman fisik karena mereka menduga itu adalah fase yang akan berlalu. Keintiman fisik kerap tak terpenuhi karena orang tidak berupaya untuk meningkatkannya.

Alih-alih berpikir mengenai bagaimana mengatasi rasa takut akan keintiman fisik, mereka malah berpikir apakah seks penting dalam hubungan pernikahan. Padahal keintiman fisik memiliki peran sebagai berikut dalam pernikahan:

  • Pernikahan tanpa keintiman bisa menimbulkan masalah kepercayaan, kemarahan, frustrasi, dan kebingungan
  • Masalah keintiman fisik bisa menghancurkan hubungan. Ketika keintiman seksual hilang atau tak pernah hadir dalam pernikahan, diperlukan upaya keras untuk membangun kembali keintiman dan hubungan.
  • Penurunan kehidupan seksual atau kurangnya keintiman fisik dapat memicu gangguan mood dan kecemasan, bahkan membuat imunitas merosot.

Seperti dilansir laman Marriage, rasa percaya diri seseorang kerap kali terkait dengan kemampuan mereka menyenangkan pasangan di ranjang. Sementara bagi wanita, kurangnya keintiman dalam pernikahan menimbulkan perasaan seperti tak dicintai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Tingkatkan Keintiman

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pasutri untuk meningkatkan keintiman dalam pernikahan seperti berikut ini.

1. Berlaku Romantis

Ketika orang berpikir tentang keintiman fisik dalam pernikahan, mereka berpikir tentang gerakan romantis seperti memeluk, mencium, berpelukan, dan sebagainya. Tetapi keintiman fisik lebih dari sekadar berciuman, keintiman fisik adalah tentang perasaan nyaman dan menikmati kedekatan dengan pasangan.

Anda bisa meningkatkan keintiman fisik dalam pernikahan dengan terlibat dalam kegiatan yang mendukung keintiman fisik dengan cara lain, seperti misalnya mengendarai sepeda motor, berjalan-jalan, menonton film di bioskop, duduk bersebelahan di restoran alih-alih di seberang meja, dan lainnya.

Tindakan kecil keintiman fisik ini mungkin tidak terlihat romantis pada saat itu. Namun, tindakan tersebut bisa sangat membantu dalam membangun lebih banyak kenyamanan dan kasih sayang antara Anda dan pasangan.

2. Hargai Tindakan Kecil

Keintiman fisik dalam pernikahan tidak harus berupa pelukan besar saat bertemu di depan umum, juga tidak harus berupa ciuman menggebu.

Tanda-tanda kecil keintiman fisik atau kasih sayang fisik sama pentingnya, dan terlalu banyak orang yang tidak nyaman atau berpotensi canggung.

Tanda-tanda yang lebih kecil ini termasuk berpegangan tangan saat berada di tempat pribadi atau publik, bermain kaki di bawah meja, dan perilaku menyenangkan seperti menggelitik dan lainnya.

3 dari 4 halaman

Hilangkan Distraksi

3. Jangan Paksakan

 

Sangat penting untuk mengenali batasan dalam suatu hubungan — Anda dapat berupaya meningkatkan keintiman fisik dalam pernikahan, tetapi Anda tidak dapat memaksa seseorang untuk menjadi intim dengan Anda.

Ingat, bersabarlah, lakukan dengan perlahan, dan jangan lupa bahwa keintiman fisik dalam pernikahan tidak harus berarti berpelukan di sofa setiap malam.

Keintiman fisik dalam pernikahan bisa sesederhana saling berpegangan tangan dengan penuh kasih saat Anda berbelanja atau duduk sangat berdekatan di gerai makan malam.

4. Hilangkan Ditraksi

Meningkatkan keintiman dalam pernikahan membutuhkan hubungan manusiawi yang mendalam. Matikan televisi, ponsel, atau perangkat elektronik lainnya ketika Anda bersama pasangan dan luangkan waktu untuk mengobrol dan berbagi, yang akan membantu Anda meningkatkan kedekatan fisik dan keintiman emosional.

Bagaimana cara meningkatkan keintiman fisik dalam suatu hubungan ketika seks menurun? Seks yang hebat itu penting, tetapi aktivitas lain dapat membantu meningkatkan keintiman dalam pernikahan.

Pergi berjalan-jalan di malam hari, membaca buku bersama, mengenang kencan pertama, mengungkapkan rasa terima kasih untuk sesuatu yang kecil seperti membeli bahan makanan, dan bahkan memasak makan malam bersama sambil mendengarkan musik, bersama.

4 dari 4 halaman

Bangun Kebiasaan Baik dan Perbaiki Komunikasi

5. Bangun Kebiasaan Baik

Lepaskan kebiasaan buruk dalam hubungan semisal meremehkan pasangan Anda. Jika ada perebutan kekuasaan, jangan tarik ke arah yang berlawanan. Pentingnya keintiman dalam pernikahan tidak bisa cukup digarisbawahi.

Jadi, belajarlah untuk menunjukkan lebih banyak kelembutan dan keterbukaan terhadap pasangan, dan Anda akan segera menemukan rasa keintiman seksual yang lebih kuat dengan pasangan.

6. Olahraga Bersama

Berolahraga secara teratur memiliki tujuan ganda untuk membangun citra tubuh yang positif dan meningkatkan kepuasan seksual dalam suatu hubungan. Berolahraga bahkan selama 30 menit sehari dapat mengurangi tingkat stres dan berkontribusi pada kesehatan mental yang lebih sehat.

Anda dapat memilih untuk berolahraga bersama, yang akan memberi lebih banyak waktu bersama dan Anda dapat saling menggoda dalam semangat kompetisi kebugaran yang sehat atau saling menatap sampai Anda membawanya ke kamar tidur.

7. Perbaiki Komunikasi

Komunikasi yang terbuka dan jujur ​​antara pasangan adalah perekat sebuah hubungan. Kecuali dan sampai Anda dan pasangan menemukan cara untuk melampiaskan perasaan atau kekhawatiran, Anda hanya akan merasa terjebak dan memupuk kebencian satu sama lain.

Kurangnya seks atau keintiman dalam suatu hubungan atau pernikahan tanpa seks seringkali merupakan akibat dari komunikasi yang buruk antara pasangan. Untuk pasangan menikah, berkomunikasi dengan pasangan Anda tentang topik yang telah Anda hindari adalah kunci untuk menemukan kembali seks.

Meskipun tidak setiap percakapan akan membuahkan hasil, jangan berkecil hati. Ingatlah bahwa berusaha untuk berbicara dengan pasangan membawa Anda selangkah lebih dekat untuk memahami apa yang salah dengan hubungan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.