Sukses

Pesona Sophia Latjuba di Usia 52 Tahun, Tak Luntur Termakan Zaman

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, aktris sekaligus model berkebangsaan Indonesia Sophia Latjuba tengah kembali merayakan ulang tahunnya. Bila melihat parasnya, tak semua mungkin akan menyangka wanita yang memulai debut film pada tahun 1987 tersebut sudah berusia 52 tahun.

Pesona yang nampak dari Sophia Latjuba seolah tak pernah luntur termakan zaman. Dirinya masih terlihat begitu cantik dan gagah seperti sedia kala. Dirinya juga mengunggah cuplikan video serta foto di hari bahagianya kali ini.

Dalam sebuah video singkat, Sophia Latjuba terlihat terbangun dari tidurnya dan menerima kejutan dari orang-orang terdekat termasuk putri pertamanya Eva Celia.

"Grateful for my goofy little family and our annual midnight tradition. Held, supported, and definitely not alone. Thank you," tulis Sophia Latjuba melalui akun Instagram pribadinya @sophia_latjuba88 pada Senin, (8/8/2022).

Sophia Latjuba juga mengungkapkan bahwa dirinya menyambut usia ke 52 tahunnya dengan rasa bersyukur dan kerendahan hati yang luar biasa. Tak sedikit ucapan dan doa yang diterima olehnya wanita yang lekat dengan lagu Kangen milik mendiang Chrisye itu.

"Dear 52, welcoming you with gratefulness and extreme humbleness. Dear myself, I know I'm putting you through a lot at times, but thank you for always healing and keeping up anyway," ujar Sophia Latjuba.

Selama ini, Sophia Latjuba diketahui memang menjalani pola hidup yang sehat. Mengutip berbagai sumber, Sophia Latjuba juga sempat mengungkapkan bahwa dirinya menjalani kehidupan sebagai seorang vegan.

Selain bisa berkontribusi pada kesehatan, Sophia Latjuba tidak lagi mengonsumsi makanan hewani atau daging sebagai bentuk kepeduliannya pada hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Diet Vegetarian

Dari banyaknya jenis diet, diet vegetarian menjadi salah satu jenis diet terbaik yang direkomendasikan oleh para ahli.

Selain berkaitan dengan pertimbangan lingkungan, diet vegetarian juga dapat menurunkan berat badan yang mana menjadi manfaat potensial dari tidak memilih untuk mengonsumsi daging.

Mayo Clinic pun mencatat bahwa ketika Anda memperhatikan porsi dan kualitas makanan saat melakukan diet vegetarian, maka upaya tersebut akan membantu menurunkan berat badan karena makanan yang Anda makan mengandung lebih sedikit kalori dan lemak.

Terlebih, diet vegetarian yang tepat juga bisa lebih mengenyangkan daripada makanan lainnya yang ditawarkan dari jenis diet lainnya. Meningkatkan kesehatan Anda pun telah menjadi alasan lain saat seseorang memutuskan untuk menjalani diet vegetarian.

"Ketika direncanakan dengan hati-hati, diet vegetarian adalah diet yang luar biasa, karena kaya akan makanan nabati yang tinggi nutrisi dan rendah lemak," ujar ahli diet di Salem, Massachusetts, Jeanne Tiberio.

Bahkan, menurut jurnal Critical Review in Food Science and Nutrition, diet vegetarian dikaitkan risiko penyakit jantung yang lebih rendah 25 persen dan penurunan risiko kanker sebanyak delapan persen.

3 dari 4 halaman

Tak Hanya Dilakukan oleh Sophia Latjuba

Pola hidup vegetarian ternyata tak hanya dilakukan oleh Sophia Latjuba lho. Dalam sebuah wawancara bersama Best Health, istri Pangeran Harry Meghan Markle mengungkapkan bahwa dirinya juga melakukan diet vegetarian.

Menurut para ahli, membiarkan tubuh mengonsumsi makanan yang kaya akan sayuran merupakan hal yang baik. Hal tersebut lantaran bukan hanya karena daging cenderung dikaitkan dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi, melainkan juga karena sayuran memiliki banyak dampak positif bagi tubuh.

"Para vegetarian dan vegan memiliki penurunan risiko pada kondisi kesehatan tertentu, termasuk bisa mencegah penyakit jantung iskemik, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi (hipertensi), obesitas, dan lain-lain," ujar Ginger mengutip Everyday Health.

Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, kunci untuk melakukan diet vegetarian adalah dengan mendapatkan berbagai nutrisi utama dari makanan yang segar, utuh, dan suplemen tambahan bila diperlukan.

"Yang saya suka adalah Meghan tidak memiliki daftar makanan yang boleh dan tidak. Dia menghindari protein hewani karena memang preferensinya saja," kata Bonnie.

4 dari 4 halaman

Makanan Terbaik untuk Usia 50 Tahun Keatas

Mengutip laman Eat This Not That, terdapat sederet makanan yang ternyata baik dikonsumsi oleh Anda yang berusia diatas 50 tahun. Selain buah-buah, ada tiga sayur yang dianggap terbaik.

Salah satunya adalah bayam. Pada usia paruh baya, penglihatan biasanya akan mulai menurun dan menyebabkan adanya gangguan penglihatan. Jika Anda mengalami hal ini, maka bayam bisa dijadikan pilihan sayuran yang tepat karena sayur satu ini mengandung vitamin A dan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang memainkan peran penting dalam melindungi mata.

Selain itu, brokoli pun jadi sayuran yang dianjurkan untuk Anda yang berusia diatas 50 tahun. Brokoli merupakan sayuran yang mengandung senyawa glukosinolat.

Penelitian yang salah satunya dipublikasikan dalam Scientific Reports menemukan bahwa glukosinolat dapat mencegah kerusakan tulang rawan, sehingga melindungi sendi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS