Sukses

6 Macam Olahraga yang Baik di Malam Hari, Cocok Buat Si Super Sibuk!

Liputan6.com, Jakarta Padatnya aktivitas kerja dan bisnis kerap menjadi hambatan seseorang untuk berolahraga. Sulit meluangkan waktu di pagi hari karena harus berangkat ke kantor lebih awal. Saat memasuki sore hari, terkadang kerjaan belum usai. Alhasil, hanya waktu malam hari yang tersisa untuk bisa berolahraga.

Olahraga di malam hari memang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang super sibuk untuk bisa tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dikutip dari KlikDokter, dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc membagikan sejumlah dampak positif olahraga di malam hari. Diantaranya, menghilangkan kepenatan, menghasilkan performa terbaik, metabolisme lebih siap hingga nutrisi tersedap lebih baik.

Menurutnya, berolahraga di malam hari jauh lebih baik dibanding hanya berdiam diri menonton televisi sambil mengonsumsi camilan di rumah. Selain membakar kalori berlebih dan dapat memperoleh bentuk tubuh ideal, berbagai penyakit kronis juga tidak mudah menyerang tubuh Anda.

Di sisi lain, Lesley Alderman, penulis 'The Book of Times' mengatakan, waktu terbaik berolahraga di malam hari adalah 18.00 dan 20.00 ketika suhu tubuh Anda berada di puncaknya, yang berarti otot Anda lebih fleksibel.

Berikut ini beberapa macam olahraga di malam hari yang bisa kamu pilih. Mau sendiri atau bersama teman, dengan alat atau tidak, dalam ruangan atau luar ruangan.

1. Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban bisa dilakukan kapan pun, termasuk di malam hari. Latihan ini memberikan banyak manfaat, bukan hanya bagi pria tetapi juga wanita. Pasalnya, angkat beban adalah cara terbaik untuk membangun otot dan menjaga lemak tubuh untuk tetap sehat. Di samping itu, latihan angkat beban secara rutin bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan energi. Lalu, juga menurunkan berat badan dan tingkat stres.

2 dari 4 halaman

2. Pilates

Untuk menjaga kebugaran fisik, banyak atlet profesional yang melakukan pilates secara rutin. Selain bermanfaat untuk kesehatan, Pilates juga gampang dilakukan di mana saja.  Ingin mulai membiasakan olahraga di rumah, pilates bisa jadi pilihan efektif dan bisa dilakukan saat malam hari, sepulang dari kantor. Beberapa manfaat pilates antara lain memperkuat otot inti, memperbaiki postur tubuh dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, juga dapat melatih fokus dan meningkatkan energi. 

3. Yoga

Yoga merupakan senam gerak badan yang mengkombinasikan latihan fisik dan meditasi. Olahraga ini juga banyak digemari karena seseorang tak perlu keluar rumah untuk melakukannya. Latihan yoga meliputi olah pernapasan, meditasi, dan menjangkau sejumlah pose yang dirancang untuk menunjang relaksasi. Selain posenya yang beragam, yoga juga menyimpan banyak manfaat positif yang bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kesehatan mental.

3 dari 4 halaman

4. Menari dengan Musik

Menari merupakan seni mengekspresikan diri dengan cara menyenangkan sekaligus representasi budaya melalui latihan yang hebat. Menari tidak hanya melibatkan semua otot dan anggota tubuh Anda, tetapi juga membuat jantung ikut terpompa. Gaya tarian yang Anda lakukan akan mempengaruhi seberapa intens latihan itu, tetapi hampir semua gaya tarian bisa menjadi sebuah latihan fisik.

Secara umum, manfaat dari menarik dengan iringan musik bisa membantu kamu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, membangun kekuatan fisik, meningkatkan fleksibilitas dan menurunkan berat badan. Tak ketinggalan menjaga kesehatan tulang dan mental.

5. Fitness

Fitness sebagai olahraga malam hari sering dipilih banyak orang yang sibuk bekerja di kantoran. Maka, kini banyak tempat fitness di Jakarta yang berlokasi dekat dengan tempat perkantoran. Hal ini tentu untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat agar bisa berolahraga langsung sepulang kantor. Untuk itu, Anda bisa daftarkan diri untuk ikut member fitness agar gaya hidup juga lebih sehat.

4 dari 4 halaman

6. Boxing

Tinju merupakan jenis dari olahraga yang memiliki berbagai gerakan olahraga aerobik dan anaerobik. Manfaat dari olahraga aerobik seperti diketahui, dapat membakar lemak serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Sedangkan manfaat olahraga anaerobik, yaitu dapat meningkatkan massa otot tubuh, kekuatan otot, metabolisme, serta dapat memperbaiki stamina Anda.

Selain itu, beberapa manfaat tinju bagi pria dan wanita tidak hanya berguna bagi kesehatan fisik saja namun juga bagi kesehatan secara mental serta menjadi salah satu bekal untuk membela diri.

Agar olahraga Anda mendapatkan manfaat baik, maka sesuaikan dengan kapasitas tubuh. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan tubuh untuk berolahraga keras. Selain itu, juga jangan berolahraga dekat dengan jam tidur. Olahraga malam ideal dilakukan minimal 2 jam sebelum tidur.

Minumlah banyak air putih yang cukup agar proses pendinginan tubuh lebih cepat, sehingga suhu tubuh akan cepat kembali ke suhu normal. Banyak minum air putih juga mampu mengeliminasi asam laktat yang terbentuk sangat cepat saat berolahraga sehingga badan menjadi lebih rileks.

 

(*)