Sukses

8 Seleb yang Berhasil Pangkas Berat Badan Belasan hingga Puluhan Kilo

Liputan6.com, Jakarta - Sederet selebriti atau publik figur berhasil menurunkan berat badan ideal dengan mengatur pola makan dan kebiasaan jadi lebih sehat. Bobot tubuh mereka dapat turun mulai dari belasan hingga puluhan kilo dalam beberapa waktu.

Perlu diketahui, tidak semua jenis diet cocok untuk tubuh tiap individu. Seperti disampaikan dokter spesialis gizi klinik Shiela Stefani, sebelum menjalankan diet, sebaiknya masyarakat berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut menjadi hal penting karena dokter akan membantu kita untuk mengenali kondisi dan kebutuhan tubuh sehingga diet menjadi hal yang menyehatkan, bukan menambah risiko penyakit.

Diet yang aman adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat secara bertahap. Dia menyarankan untuk membuat jadwal makan yang teratur dan secara perlahan mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat dari waktu ke waktu.

Bila terbiasa makan sesuatu yang digoreng, ia menyarankan untuk menguranginya secara perlahan hingga betul-betul terbiasa dan konsisten menjalaninya setiap hari.

"Bukan jadi tidak makan, tapi ubah ke jenis makanan lebih sehat. Jadwal harus teratur, kalau tidak teratur seperti skip sarapan, yang terjadi saat siang makan jadi kalap dan berlebihan," katanya.

Berikut para seleb Tanah Air yang berhasil mengubah pola makan mereka untuk memangkas berat badan. Simak usaha dan transformasi Tika Panggabean hingga Citra Kirana mencapai berat badan ideal dengan mengatur pola makan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

Tika Panggabean

Berat badan Tika Panggabean pernah mencapai 110 kg. Tapi kini Tika berhasil menurunkan berat badan hingga puluhan kilogram sehingga tampil lebih ramping.

Tika menyadari pola hidup yang dijalaninya saat muda jauh dari kata sehat. Berat badannya terus bertambah karena semua jenis makanan disantapnya. Kala itu, Tika mengaku tak pilih-pilih makanan dan malas berolahraga. Hingga suatu waktu, Tika tersadar dan betekad mengatur asupan makanannya jadi lebih baik.  Ia memilih untuk mengonsumsi makanan yang hanya dibutuhkan oleh tubuhnya.

"Aku memang menjalankan pola hidup sehat, gitu. Karena memang di masa muda dulu hidup sangat tidak sehat. Apa saja dimakan, ditambah lagi malas olahraga, senang yang manis-manis, senang yang berlemak," jelas wania berusia 51 tahun ini, dilansir dari Kapanlagi.com.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tika menjalani diet dan pola hidup yang lebih sehat. Rutin berolahraga dan menjaga asupan makan menjadi salah satu hal yang diterapkan perempuan berdarah Batak ini. Hasilnya, Tika sukses menurunkan berat badan hingga 25 kg.

 

3 dari 9 halaman

Thalita Latief

Setelah melahirkan, Thalita Latief mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Hal itu juga terkait kondisi kesehatannya. 

Selain ingin lebih sehat, Thalita mengaku ejekan dan perundungan karena berat badan turut memicunya bertekad menurunkan bobot tubuh. Perempuan yang mengawali karier sebagai model itu pun berkonsultasi pada ahlinya untuk mendapat pola diet sehat. 

Kini, Thalita Latief mencuri perhatian netizen karena berhasil tampil ramping dengan menghempaskan 26 kg kelebihan brat badannya. 

 

4 dari 9 halaman

Ivan Gunawan

Ivan Gunawan mengejutkan publik dengan tubuh yang lebih ramping jelang akhir 2021. Pria yang sebelumnya memiliki bobot hingga 185 kg itu berhasil menurunkan berat badan hingga 30 kg. 

Ivan sempat ditantang oleh Deddy Corbizuer untuk menurunkan bobot tubuhnya. Bahkan mentalis yang kini berkibar dengan Podcast Close the Door-nya itu turut membantu Ivan dalam menjalani program penurunan berat badan.

Sejak pertengahan Juli 2021, Ivan Gunawan menjalani program diet. Ivan dibantu oleh tenaga medis dalam mengatur pola hidup sehat. Secara perlahan berat badannya berkurang, mulai dari 24 kg hingga 30 kg. 

Banyak yang memuji penampilan terbaru Ivan Gunawan usai sukses turunkan berat badan. 

5 dari 9 halaman

Tike Priatnakusumah

Kegigihan menurunkan berat badan pun ditunjukkan Tike Priatnakusumah. Lama tak muncul di layar kaca, komedian sekaligus presenter ini berhasil menurunkan berat badan hingga 30 kilogram.  

Lewat unggahan di Instagram pribadinya, ia pun menjelaskan jika berat badan awalnya 105 kilogram pada 2017 silam. Pada penghujung 2021, berat badan Tike Priatnakusumah telah menyentuh angka 73 kilogram. Meski sempat terhenti pada November 2020 saat ia jatuh sakit, Tike mampu menjalani program dietnya hingga sekarang.

Tike Priatnakusumah juga bercerita bahwa dirinya menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat seperti rutin berolahraga. Usahanya pun berhasil hingga menurunkan berat badan puluhan kilogram. Peruahan dalam penampilannya tampak begitu berbeda.

6 dari 9 halaman

Ussy Sulistiawaty

Sempat mengalami kenaikan berat badan setelah melahirkan anak kelima pada September 2020 lalu, penampilan Ussy Sulistiawaty kini sudah terlihat kembali ke bentuk tubuh idealnya. Diketahui usai melahirkan baby Saka, ia mengaku berat badannya mencapai angka 77 kilogram.

Namun, saat ini istri Andhika Pratama tersebut berhasil menurunkan berat badannya. Potret terbarunya yang diunggah di akun Instagramnya pun bikin takjub. Meski sudah jadi ibu lima anak, tapi penampilan istri Andhika Pratama yang kian langsing ini justru terlihat bak ABG.

Tak salah, kalau banyak yang bilang penampilan wanita 40 tahun itu makin tua makin memesona. Bahkan, Ussy Sulistiawaty diketahui sukses menurunkan berat badan lebih dari 20 kilogram. Tentu dengan penurunan berat badan yang drastis ini, membuatnya tampak berbeda dari sebelumnya.

7 dari 9 halaman

Audy Item

Penyanyi Audy Item kerap mendapat komentar kurang sedap dari netizen terkait berat badannya. Meski demikian, Audy maupun sang suami, Iko Uwais, menanggapinya dengan santai. 

Namun, beberapa waktu belakangan penyanyi lagu Arti Hadirmu itu mencuri perhatian publik. Hal ini lantaran dirinya sukses menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan.

Kini istri dari aktor laga Iko Uwais tersebut tampil lebih fit dan fresh. Baru-baru ini, dengan didampingi dokter gizi, diketahui Audy Item berhasil menurunkan berat badannya kembali. Pemilik nama lengkap Paula Allodya Item itu sukses menurunkan berat badan hingga 12 kilogram.

8 dari 9 halaman

Audi Marissa

Dalam waktu kurang lebih enam bulan, Audi Marissa berhasil menurunkan berat badan hingga 13 kg dengan dibantu oleh seorang dokter. Melalui laman Instagramnya, artis dengan nama lengkap Rana Audi Marissa ini mengunggah potret perbedaan penampilan saat berat badannya 70 kg dan 57 kg pada awal 2022.

“Dan sekarang bb aku 57 kg. Bener2 ya yang namanya konsisten, disiplin dan niat yang kuat tuh membuahkan hasil yang luar biasa…” Tulis Audi Marissa pada keterangan unggahan di Instagram Story.

Makin langsing, penampilan Audi Marissa pun bak ABG. Pada Oktober 2021, Audi Marissa juga sempat unggah potret terbarunya yang juga berhasil turunkan berat badan beberapa kilogram dan mengaku bahwa badannya terasa lebih ringan setelah diet sehat.

9 dari 9 halaman

Citra Kirana

Sejak melahirkan anak pertamanya pada 28 Agustus 2020, Citra Kirana mengaku mengalami peningkatan berat badan drastis. Berat badannya bertambah hingga 31 kg. 

Mendapati berat badannya mencapai 96 kg setelah setahun melahirkan, istri Rezky Aditya itu pun menjaga pola makan dan berolahraga. Ibu dari Keene Atharrazka Adhitya itu pun berhasil menurunkan berat badan hingga 26 kg pada 2021.

Menurunkan berat lebih dari 20 kilogram, penampilan Citra pun terlihat bak ABG. Ia dipuji makin langsing oleh netizen. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS