Sukses

Kolaborasi dengan Generasi Muda Demi Tercapainya SDGs Hingga 2030

Sustainable Development Goals (SDGs) akan tercapai bila melibatkan generasi muda

Liputan6.com, Jakarta - Generasi muda memegang peranan penting dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Survei Sosial Ekonomi Nasional 2019 memerkirakan bahwa jumlah orang muda seperempat dari total penduduk Indonesia atau sebesar 64,19 juta jiwa.

Dengan kata lain, generasi muda menjadi kekuatan ekonomi dan tulang punggung pembangunan negara untuk mengakhiri kemiskinan.

Oleh sebab itu, dalam rangka memerkuat peran generasi muda, Danone – AQUA menggandeng PP Muhammadyah, Universitas Muhammadyah Jakarta (UMJ), dan TVMU menyelenggarakan Community Engagement: Broadcast Your Creativity.

Adapun kegiatan yang menyasar mahasiswa UMJ dalam bentuk rangkaian workshop broadcasting, pengayaan materi mengenai bisnis berkelanjutan, yang diakhiri dengan kompetisi video pendek.

Dalam konferensi pers pengumuman pemenang lomba kompetisi video pendek yang digelar di Gedung PP Muhammadyah Jakarta, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Majelis Pustaka dan Informasi mengatakan bahwa kolaborasi punya peran besar untuk menghasilkan generasi muda yang unggul.

"Kolaborasi Danone-AQUA dengan TV MU adalah sebuah Langkah baik untuk memberikan perhatian lebih dalam mempersiapkan masa depan generasi selanjutnya," kata Dadang dikutip dari keterangan pers yang diterima Liputan6.com pada Selasa, 21 Juni 2022.

Dadang pun berharap bahwa ke depannya lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan serupa yang secara khusus menyasar generasi muda, yang dapat menjadi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Industri dan Akademi Berdekatan

Dilanjutkan Kepala Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UMH, Dr Oktaviana Purnama Sari, S.Sos M Si bahwa pada dasarnya industri berdekatan dengan akademi.

"Oleh sebab itu, saya juga berharap kepada para mahasiswa supaya kreativitasnya dipacu guna menciptakan konten-konten yang tidak hanya kreatif tapi juga inspiratif," katanya.

Sementara itu, Corporate Communications Danone Indonesia, Arif Mujahidin, mengatakan untuk mencapai SDGs dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak, termasuk sektor swasta dan masyarakat.

Arif pun mengapresiasi seluruh mahasiswa UMH yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dinilai oleh Arif sejalan dengan Danone - AQUA yang gencar melakukan berbagai kampanye digital yang banyak melibatkan generasi muda. 

"Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong generasi muda menjadi agen-agen pembawa kebaikan bagi ekosistemnya melalui karya-karya yang positif dan menginspirasi," ujarnya. 

 

3 dari 3 halaman

Dukung Pemerintah Capai SDGs 2030

Lebih lanjut Arif, menjelaskan, Danone – AQUA berkomitmen untuk menerapkan keberlanjutan sebagai core business dan menggunakan bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan dengan membawa kesehatan untuk kebaikan kepada banyak orang, masyarakat dan lingkungan.

Tujuan jangka panjang ini penting untuk selaras dengan 17 tujuan besar di dalam SDGs yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia hingga 2030 yang terintegrasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020-2024.

"Selama hampir 50 tahun beroperasi di Indonesia, Danone-AQUA terus berkomitmen untuk menghadirkan kesehatan melalui hidrasi yang sehat serta produk dan layanan yang berkualitas," katanya.

"Selain itu, kami juga selalu fokus untuk menjalankan operasional yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan fokus untuk menjaga sirkularitas air, sirkularitas kemasan dan sirkularitas karbon," dia menambahkan.

Berbagai hal tersebut, kata Arif, sejalan dan dilakukan untuk mendukung target pencapaian SDGs pemerintah Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.