Sukses

Cerita Inspiratif Gwen, Anak Down Syndrome yang Mampu ‘Tembus’ Keterbatasan Bersama Novakid

Di Novakid, anak belajar Bahasa Inggris melalui metode Total Physical Response (TPR) dengan melibatkan anak dalam berbagai macam aktivitas seru, seperti bergerak bersama, bermain, bercerita atau storytelling, dan bermain peran atau role plays.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mendukung pemenuhan hak pendidikan untuk semua anak melalui pendidikan inklusif, sebuah sekolah bahasa Inggris online untuk anak usia 4-12 tahun yang didirikan pada 2017 di Silicon Valley (AS), yaitu Novakid, beberapa waktu lalu menggelar webinar bertajuk Ngobrol Bareng Gwen

Webinar yang juga digelar untuk memperingati Hari Down Syndrome Sedunia pada 21 Maret itu mengundang Gwen, seorang anak down syndrome berusia enam tahun yang ceria dan penuh semangat. 

Gwen yang menjadi Kid Ambassador Novakid hadir dalam webinar ditemani Mami Natalia Dessy. Melalui Ngobrol Bareng Gwen, Dessy membagikan ceritanya dan Gwen, mulai dari suka duka menjadi ibu seorang anak down syndrome, kondisi Gwen saat ini, hingga bagaimana keterampilan Bahasa Inggris Gwen berkembang pesat bersama Novakid.

Kemampuan Gwen yang Taklukkan Keterbatasan

Tidak ada yang mustahil di dunia ini, termasuk kemampuan anak down syndrome yang tergolong anak berkebutuhan khusus. Ya, bukan berarti anak down syndrome tidak bisa menggali potensi, belajar mandiri, dan punya segudang prestasi. 

Gwen adalah contoh nyata anak down syndrome yang mampu belajar dan mengembangkan diri, termasuk kemampuan kognitifnya, dengan baik. Dessy menceritakan kalau Gwen adalah anak yang ceria, ramah, peka, dan sangat peduli pada orang lain. Dia cepat menangkap dan memahami situasi yang terjadi. 

“Misalnya, kalau dia berkenalan dengan orang baru, dia akan bisa menceritakan kembali tentang orang itu. Selain itu, Gwen juga punya kemauan belajar yang sangat tinggi,” tutur Dessy.

Setelah memahami dan menerima kondisi Gwen, Dessy pun bertekad memberikan pendidikan yang terbaik untuk sang buah hati. Ya, sejak usia satu tahun, Gwen rutin menjalani berbagai aktivitas seru yang dirancang khusus untuk membantunya mengembangkan diri, seperti terapi wicara, terapi edukatif, dan fisioterapi. 

Gwen belajar yang saat ini belajar secara virtual di sebuah TK di Kudus, tempat tinggalnya, juga sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan SD. Untuk menuju ke jenjang itu, Gwen pun saat ini sedang mempelajari berbagai macam keterampilan, termasuk membaca, menulis, berhitung, dan Bahasa Inggris.

Gwen dan Metode Belajar yang Dipersonalisasi di Novakid

Untuk ‘mendidik’ anak dengan kondisi seperti Gwen, memang tidak mudah. Agar Gwen tumbuh maksimal, Dessy memutuskan untuk mengambil kelas privat, terutama yang terkait dengan pembelajaran Bahasa Inggris. 

Ya, Gwen mengikuti kelas privat dengan metode pembelajaran yang dipersonalisasi adalah yang paling tepat dan paling ramah anak di Novakid. Dengan metode ajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuannya, Gwen jadi tidak ketinggalan. 

Dia justru mampu menunjukkan perkembangan kemampuan yang pesat. Inilah yang Gwen alami selama tiga bulan belajar Bahasa Inggris bersama Novakid. Untuk diketahui, di Novakid, anak belajar Bahasa Inggris melalui metode Total Physical Response (TPR). 

Dengan metode TPR, guru melibatkan anak dalam berbagai macam aktivitas seru, seperti bergerak bersama, bermain, bercerita atau storytelling, dan bermain peran atau role plays, sehingga anak lebih bahagia saat belajar dan lebih mudah memahami materi. 

Selain itu, metode ini juga mudah disesuaikan dengan kondisi setiap anak yang berbeda sehingga mereka bisa merespon pelajaran dengan caranya sendiri. Inilah yang membuat Gwen sangat menikmati belajar Bahasa Inggris dengan Novakid.

“Novakid sudah membantu Gwen dari nol. Saya tidak menyangka progress Gwen bisa secepat ini; Gwen bisa menjadi seperti sekarang. Dalam waktu tiga bulan saja, Gwen sudah bisa merangkai kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris saat bicara. Padahal tadinya dia tidak bisa sama sekali,” jelas Dessy dengan antusias.

Kemudahan Novakid untuk Anak dan Orangtua

Novakid memiliki lebih dari 2.000 pengajar berpengalaman dan berkualifikasi mengajar bahasa Inggris dan sebagai sekolah online, Novakid menyediakan sebuah platform interaktif yang memungkinkan orangtua dan anak untuk memilih pengajar yang mereka inginkan.

Selain metode ajar ramah anak, Novakid juga memiliki berbagai kelebihan lainnya. Dessy mengungkapkan bahwa sebagai orangtua, ia sangat mengapresiasi berbagai kemudahan yang diberikan Novakid. Mulai dari jadwal yang fleksibel dan mudah diatur, sistem pembayaran yang mudah dan terjangkau, hingga sistem pemilihan guru yang mudah. 

Semua guru di Novakid memiliki sertifikasi mengajar internasional dan berpengalaman di bidangnya. Selain itu, Dessy juga mengatakan bahwa user interface aplikasi Novakid patut diacungi jempol karena selain ramah untuk orang tua, juga ramah untuk anak.

Komitmen Novakid Terhadap Pendidikan yang Inklusif

Novakid percaya bahwa semua anak, bahkan mereka yang memiliki keterbatasan, mampu mengembangkan potensi dirinya bila diberikan kesempatan dan dukungan yang tepat. 

Inilah yang membuat Novakid, sebagai lembaga pendidikan yang inklusif, berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Indonesia tentang kesejahteraan dan kebahagiaan semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. 

Melalui Ngobrol Bareng Gwen, Novakid merayakan semangat anak-anak down syndrome sekaligus membuktikan bahwa #SemuaBisaBarengNovakid. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai Novakid tentang belajar Bahasa Inggris, kunjungi website ini dan segera daftarkan buah hati Anda. Buktikan kemudahan dari #SemuaBisaBarengNovakid, sekarang!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini