Sukses

BIGBANG Comeback Lewat Lagu Still Life, VIP Tak Kuasa Menahan Rindu

Still Life menandakan BIGBANG comeback setelah hiatus hampir empat tahun

Liputan6.com, Jakarta - Boyband Korea Selatan yang lahir dari YG Entertainment, BIG BANG, comeback dengan merilis lagu baru berjudul Still Life.

Video klip Still Life yang tayang sekitar 13 jam yang lalu sudah ditonton lebih dari 10 juta kali sampai dengan Selasa siang, 5 April 2022.

Kerinduan V.I.P --- panggilan untuk penggemar BIGBANG --- selama empat tahun pun langsung terobati. Tak khayal tanda pagar #BIGBANG_StillLife langsung merajai trending topic (TT) Twitter pada hari ini dengan kicauan lebih dari 1,3 juta.

Perasaan campur aduk dirasakan dua V.I.P dari Indonesia, Dinda (25) dan Meisa (30). Keduanya bahkan mengalami hal yang kurang lebih sama, jantung rasanya berdegup lebih kencang dari biasanya dan mata mendadak basah usai menyaksikan video klip Still Life.

Meisa, yang mengaku sebagai penggemar yang kenal K-Pop --- bahkan kenal hiburan Korea untuk pertama kali --- lewat karya-karya BIGBANG, tentu comeback sang idola menjadi momentum paling ditunggu-tunggu.

Terlebih, boyband beranggotakan G-Dragon, T O P, Taeyang, Daesung, dan Seungri hiatus selama empat tahun dan kembali dari wajib militer (wamil). Belum lagi dengan adanya masalah internal yang menimpa BIGBANG.

Dengan sedikit berkaca-kaca, Meisa sampai bingung harus mengatakan apa saat ditanya perasaannya setelah mendengar lagu terbarunya BIGBANG.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

BIGBANG Comeback Lewat Lagu Still Life

Menurut Meisa, Still Life agak beda dari lagu-lagu K-Pop pada umumnya dan bahkan lagu BIGBANG terdahulu.

"Still life itu semacam obat kangen sih untuk kita, V.I.P. Lagunya enggak grande, tapi melodi dan liriknya indah banget. Enggak sadar habis nonton MV-nya langsung ngembeng," kata Meisa kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Bagi Meisa, Still Life mengandung banyak metafora. Dia bilang ada yang menyiratkan kerinduan BIGBANG pada fans, ada juga yang menyiratkan kehidupan yang sudah mereka lewati seperti apa selama ini.

"Seperti liriknya tentang empat musim, BIGBANG mau menyampaikan kalau kehidupan ada pertemuan dan perpisahan, dan akan terus berulang," kata Meisa yang sudah mendengarkan lagu-lagu BIGBANG sejak 2008 tapi baru memproklamirkan sebagai V.I.P pada 2012.

 

3 dari 6 halaman

Kemunculan BIGBANG Ditunggu VIP

Sementara Dinda, saat pertama kali BIGBANG mengumumkan lagu berjudul Still Life, dirinya tidak mengharapkan apa-apa.

Sejak minggu lalu, BIGBANG diketahui mengunggah black Pollaroid dengan tanggal rilis. Akan tetapi, baik Dinda maupun V.I.P lainnya masih belum tahu apa yang bakal dirilis. Single, mini album, atau full album?

Tak lama berselang, BIGBANG kembali mengunggah sebuah foto, kali ini pollaroid bunga atau Garbera Daisies dengan tulisan Still Life.

"Di sini V.I.P mulai menganalisa arti bunga dan pengertian Still Life dalam art. Setelahnya dilanjutkan dengan lyric teaser," kata Dinda.

"Dari serangkaian Pollaroid dan lyric teaser, lalu pada mulai coba analisa simbol dan coba kaitkan dengan life event BIGBANG members," lanjut Dinda.

Dari situ, kata Dinda, sebagian besar V.I.P lumayan bersiap bila ini akan jadi perpisahan mereka. Entah perpisahan band BIGBANG atau perpisahan empat member BIGBANG karena BIGBANG pada dasarnya berlima.

"Atau farewell teenage BIGBANG mereka akan masuk ke new era BIGBANG," ujarnya.

Lebih lanjut Dinda, mengatakan, Still Life seperti merujuk ke hal yang kekal (everlasting),"Karya dan BIGBANG yang kita semua ingat akan everlasting, happiness yang di-share akan selalu everlasting.".

Dinda meyakini bahwa tidak hanya V.I.P yang menunggu karya baru BIGBANG tapi juga masyarakat Korea secara umum.

 

4 dari 6 halaman

Saat Mendengar Still Life Karya Terbaru BIGBANG

Saat ditanya apa yang dirasakan saat mendengar Still Life untuk pertama kali, wanita yang mendengar lagu-lagu BIGBANG sejak 2009 tapi baru mendedikasikan waktunya untuk BIGBANG pada 2012 menjabarkan pendapatnya.

Menurut Dinda, mungkin untuk V.I.P atau mereka yang tahu cerita BIGBANG, akan terasa sedih sekali saat baca liriknya.

Bahkan, kata Dinda, temannya yang mengerti bahasa Korea bilang bahwa jauh lebih sedih bila benar-benar paham bahasa Korea.

Lebih lanjut dia, menjelaskan, Still Life dibuka suara YoungBae. Liriknya seperti cerita mengingat-ingat masa yang sudah dilewati.

DaeSung melanjutkan dengan lirik seperti ucapan selamat tinggal dengan masa muda.

"Most V.I.P relate sekali dengan ini. Kami grow bareng BIGBANG. Ada yang seumuran, ada yang sedikit di atas mereka. Untuk kami V.I.P pun, kami saying farewell untuk masa muda kami yang reckless," katanya.

Dinda lalu bilang bahwa pendengar BIGBANG sama seperti YoungBae, sedang jadi ayah muda dan ibu muda tapi tetap semangat mendegar berita BIGBANG seperti BIGBANG tetap semangat dengan projek mereka.

Namun, perasaan sedih membuncah begitu masuk lirik yang dinyanyikan GD. Ditambah pula ada pemandangan lautan 'crown' --- lighstick BIGBANG berbentuk crown --- saat di konser terlihat seperti taman bunga. Lalu kian nelangsa dengan lirik yang didendangkan TOP.

"TOP mention dia akan menjadi orang yang lebih baik. Dia saying goodbye untuk past life-nya. Ini jadi part tersedih karena kita semua tahu sakitnya TOP seperti apa dan dia memilih untuk tetap hidup benar-benar berkah untuk V.I.P," katanya.

Dan, YougBae menutup lagu dengan lirik penuh harap akan tahun selanjutnya. YoungBae, kata Dinda, selama di video ada di set penuh bunga menyerupai lautan bunga dari 'Crown Light Stick' BigBang.

Sayang, Still Life hadir tanpa kemunculan Seung Ri. Menurut Dinda, banyak yang menebak, di video musik ini tidak ada adegan mereka berempat karena mereka menolak untuk ada group appeareance kalau tidak berlima.

"Tanpa suara Seungri, ada kehampaan di lagu ini," ujarnya.

"Ada rasa sedih, lega, tapi hampa setelah lihat dan dengar lagunya. Semua tahu, enggak pernah ada yang tahu BIGBANG mau bikin apa dan mau apa. Mereka sangat care free, makanya sulit prediksi apakah ini farewell atau fresh start dan welcoming new era," Dinda menambahkan.

5 dari 6 halaman

G-Dragon Ultah ke-32, Penggemar Berharap BIGBANG Comeback

6 dari 6 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.