Sukses

Pesan Menyentuh Jessica Chastain soal Pencegahan Bunuh Diri di Panggung Piala Oscar

Sabet Piala Oscar, Jessica Chastain mengungkapkan pesan penting tentang upaya pencegahan bunuh diri serta LGBTQ ke publik saat pidato kemenangan.

Liputan6.com, Jakarta Aktris Jessica Chastain meraih Piala Oscar 2022. Akting ciamik sebagai Tammy Faye Bakker dalam The Eyes of Tammy Faye membuat wanita 45 tahun ini meraih gelar sebagai aktris terbaik tahun ini.

Saat maju menerima penghargaan, Jessica Chastain menggunakan kesempatan itu untuk mengungkapkan pesan penting ke publik. Ia mengutarakan isi hati tentang pentingnya pencegahan bunuh diri serta menghormati hak-hak kaum marjinal LGBT dan transgender.

"Saat ini, kita menghadapi masa-masa sulit, dimana kita dihapadakan pada cinta, trauma, dan isolasi. Lalu, di luar sana, begitu banyak orang yang merasa putus asa dan sendirian," kata Chastain.

Kondisi di atas bisa jadi yang menyebabkan angka bunuh diri jadi penyebab kematian yang tinggi di Amerika Serikat.

"Hal ini menyentuh banyak keluarga, hal itu menyentuh hati saya. Dan, mungkin hal itu terutama dirasakan bagi kaum LGBT yang kerap merasa tersingkirkan dari komunitas," katanya seperti mengutip The Hollywood Reporter, Senin (28/3/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kritik RUU yang Batasi Diskusi tentang Orientasi Seksual

Ia juga mengkritik rancangan undang-undang di sana yang menurutnya diskrimintaif dan fanatik. Menurutnya aturan tersebut memiliki tujuan memecah belah masyarakat.

Rancangan yang dimaksud Chastain adalah tentang Undang-Undang Florida yang akan membatasi diskusi kelas tentang orientasi seksual atau identitas gender.

Pemerintah Florida mengeluarkan RUU tersebut bertujuan untuk membatasi diskusi tentang masalah Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer (LGBTQ) di lingkungan sekolah.

Chastain pun terinspirasi akan sosok Tammy yang ia perankan. Baginya Tammy membuatnya belajar tentang cinta kasih. Hal yang membuat manusia bisa saling diterima apa adanya tanpa rasa takut, tanpa takut akan mendapat kekerasan dan teror.

Ia juga menyampaikan pesan penting bagi siapapun yang tengah sendirian atau merasa putus asa.

"Dan, untuk siapa pun di luar sana yang merasa putus asa atau sendirian, saya hanya ingin Anda tahu bahwa Anda dicintai tanpa syarat dengan keunikan yang Anda miliki."

3 dari 3 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.