Sukses

Versi Murah Paxlovid, Pil Antivirus COVID-19 Produksi Pfizer Akan Segera Dibuat

Pil antivirus COVID Pfizer, Paxlovid, akan dibuat versi murahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga puluh lima pembuat obat generik di seluruh dunia akan membuat versi murah dari Paxlovid --- pil antivirus COVID-19 buatan Pfizer --- yang dinilai efektif untuk dipasok di 95 negara miskin.

Pfizer pada akhir 2021 membuat kesepatan dengan Medicines Patent Pool (MPP) dan memeroleh dukungan PBB mengizinkan pembuat obat generik memproduksi Paxlovid untuk 95 negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Mereka diketahui telah bekerja sejak saat itu guna memilih pembuat obat yang akan mereka lisensikan.

Paxlovid diharapkan menjadi senjata ampuh dalam perang melawan Virus Corona penyebab pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama dua tahun.

Saat uji klinis, pil antivirus Pfizer mampu mengurangi beban rawat inap pada pasien berisiko tinggi sebesar 90 persen.

Hasilnya secara signifikan lebih baik daripada pil antivirus saingan Merck & Co, Molnupiravir dalam uji klinisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pfizer dan Merck Sama-Sama Buat Kesepakatan dengan MPP

Dikutip dari situs Channel News Asia pada Jumat, 18 Maret 2022, Pfizer dan Merck sama-sama membuat kesepakatan dengan MPP untuk mengizinkan versi generik obat baru mereka di beberapa bagian di dunia.

Ini adalah suatu hal yang langka bagi perusahaan farmasi yang biasanya begitu keras melindungi perawatan mereka selama masa pakai paten mereka.

Merck, melalui lisensi MPP, memiliki kesepakatan dengan lusinan pembuat obat untuk membuat pil dan versi generiknya. Saat ini sudah tersedia di beberapa negara.

Akan tetapi Pfizer dan MPP tidak mengharapkan pembuat obat generik mana pun dapat memproduksi pasokan Paxlovid secara signifikan sebelum akhir tahun.

Lebih lanjut MPP, menjelaskan, 35 perusahaan yang akan memproduksi versi Paxlovid atau bahan aktifnya berbasis di 12 negara berbeda.

Mereka termasuk beberapa produsen generik terbesar di dunia seperti Teva Pharmaceutical Industries Israel, Sun Pharmaceutical Industries yang berbasis di India, dan Viatris Inc yang berbasis di AS.

Kemudian sebanyak enam perusahaan akan membuat bahan utama obat tersebut dan sembilan perusahaan akan mengubahnya menjadi produk jadi. Sisanya akan melakukan keduanya.

 

3 dari 4 halaman

Perusahaan Lainnya

Paxlovid adalah pengobatan dua obat yang memasangkan senyawa baru, nirmatrelvir, dengan ritonavir antivirus yang lebih lama, yang sudah tersedia sebagai obat generik.

Pfizer tidak akan menerima royalti dari penjualan versi generik obatnya selama COVID-19 tetap diklasifikasikan sebagai 'Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional' oleh WHO.

MPP, menyebut, setelah periode pandemi COVID-19, penjualan Paxlovid ke negara-negara berpenghasilan rendah akan tetap bebas royalti.

Sementara penjualan ke negara-negara berpenghasilan menengah ke bawah dan menengah ke atas akan dikenakan royalti lima persen untuk penjualan ke sektor publik dan royalti 10 persen untuk penjualan ke sektor swasta.

Pfizer mengatakan pihaknya berencana untuk memproduksi setidaknya 120 juta program pengobatan tahun ini, jauh di bawah perkiraan pasar 2022 untuk pil antivirus 250 juta orang di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.