Sukses

Alasan Pentingnya Ujian Sekolah dan Trik Bikin Anak Semangat Belajar

Ujian sekolah diharapkan membuat anak jadi giat belajar dan dari kegiatan tersebut akan muncul hal baik lainnya

Liputan6.com, Jakarta - Nilai ujian sekolah (US) merupakan salah satu syarat penentu kelulusan siswa, selain nilai rapor dan nilai sikap siswa.

Dijelaskan Plt Kabid SD & PKL Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs Putoyo HS MPd bahwa ujian nasional (UN) sudah diganti menjadi US. Nantinya sekolah yang akan menentukan kelulusan para peserta didik masing-masing.

Meski penentu kelulusan berdasarkan nilai ujian sekolah, Putoyo berharap para orangtua tidak hanya mendorong anak-anaknya giat belajar semata-mata agar memeroleh nilai yang bagus saja.

Akan tetapi pacu anak untuk terus belajar agar kelak dia menjadi seseorang yang siap menghadapi tantangan serta memiliki daya analisa yang kuat.

Sehingga, kata Putoyo, dia mampu untuk berhadapan dengan jenjang-jenjang pendidikan berikutnya yang harus dilaluinya.

"Jadi, ujian sekolah ini adalah salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan secara umum oleh dunia pendidikan dan disesuaikan dengan standar pencapaian hasil secara umum," kata Putoyo dalam webinar yang diselenggarakan Penerbit Erlangga belum lama ini.

Dengan adanya ujian sekolah sebagai penentu kelulusan siswa, diharapkan juga para peserta didik menjadi bisa menghargai pentingnya waktu.

"Mengapa? Karena mereka tetap harus memersiapkan diri. Peserta didik diharapkan dapat menggunakan waktunya untuk belajar dan terus meningkatkan kompetensi dirinya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ujian Sekolah Bermanfaat untuk Mengasah Kejujuran Anak

Pada saat anak belajar dan melihat segala masalah yang dipelajari, lanjut Putoyo, pelan-pelan daya analisanya akan muncul dan itulah sebenarnya yang terpenting.

"Itulah hakiki yang harus dicapai oleh anak-anak kita sebenarnya," ujarnya.

Selain itu, dengan giat belajar secara tak langsung ikut mengasah dan melatih kejujuran peserta didik.

Dengan begitu peserta didik lebih bisa menghargai dan percaya diri dengan hasil usaha diri.

"Tentunya dengan belajar, dengan bagaimana caranya belajar, peserta didik juga bisa mencari cara-cara apa yang cocok," katanya.

"Menurut saya menjadi sangat penting ujian sekolah harus tetap dilaksanakan dan menjadi tujuan pokok dari peserta didik agar mendapatkan hasil yang optimal," Putoyo menekankan.

Di dalam proses mencapai hasil yang optimal itu, Putoyo, mengatakan, sesungguhnya banyak hal dan karakter yang terbangun dir diri peserta didik.

 

3 dari 5 halaman

Pola Asuh Shahnaz Haque

Setuju dengan penjelasan Putoyo, presenter kawakan yang juga pemerhati pendidikan anak, Shahnaz Haque, mengatakan, penting bagi ayah maupun ibu memiliki kemampuan membangun suasana hati anak dengan baik.

Menurut Shahnaz, orangtua seharusnya tidak menyuruh anak untuk belajar jor-joran di saat dia mau ujian. Sebab, setiap harinya anak sudah belajar dengan giat.

"Tugasnya kalau mau ujian bukan belajar, tapi rileks. Kalau enggak, stres. Supaya mereka sehat fisik dan pikiran," katanya.

"Supaya mereka sehat fisik dan pikiran. Kalau anak semangat, InsyaAllah ujungnya prestasi," Shahnaz menambahkan.

Itulah yang Shahnaz lakukan di saat para buah hati tercinta akan ujian. Bukannya menyuruh belajar, Shahnaz dan suami malah mengajak mereka bersantai.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan bonding. Hal yang dilakukan juga sederhana, pergi ke bioskop untuk nonton film atau makan bersama.

Tak dipungkiri, sebagai orangtua baik Shahnaz maupun suami dihinggapi rasa deg-degan. Namun, kata dia, sebisa mungkin jangan diperlihatkan ke anak.

"Energi itu nular soalnya," ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Kiat Jitu Anak Berhasil Dalam Ujian Sekolah

Dalam kesempatan tersebut, Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, Irving William P.W. mengatakan bahwa webinar ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada guru, siswa, dan orang tua dalam menghadapi Ujian Sekolah.

"Ini juga salah satu upaya kami sebagai perusahaan penerbitan buku pendidikan, untuk membantu mempermudah orang tua dalam mendampingi putra-putri tercintanya belajar menghadapi Ujian Sekolah," katanya.

Irving, melanjutkan, Penerbit Erlangga sebagai salah satu penerbit buku pendidikan terbaik di Indonesia menyediakan sumber soal latihan terbimbing dan latihan mandiri dalam paket-paket soal US yaitu Erlangga X-Press US, SPM Plus US untuk SD/MI, Erlangga X-Press dan Erlangga Fokus US untuk SMP/MTs, serta Erlangga X-Press US dan Teropong US untuk SMK/MAK.

Lalu seperti apa tips agar bisa meraih nilai US terbaik? Berikut di antaranya.

1. Pelajari dan pahami kembali materi esensial yang pernah dipelajari tiga tahun terakhir.

Materi esensial inilah yang biasanya diujikan dalam Ujian Sekolah. Caranya, dengan belajar materi dari rangkuman materi pokok yang tersaji dalam buku, baik secara mandiri, berkelompok, ataupun di bawah bimbingan guru.

2. Selanjutnya, pelajari contoh-contoh soal model US yang disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

3. Setelah merasa sudah paham, kemudian menguji diri dari apa yang telah dipelajari dengan mengerjakan soal-soal latihan model Ujian Sekolah. Untuk mengetahui kebenaran dari jawabannya, periksa hasil jawaban dengan mencocokan dengan kunci jawaban yang tersedia.

4. Tahap terakhir, yaitu mengerjakan soal-soal paket simulasi US yang disediakan. Untuk memastikan jawabannya, periksa hasil jawaban dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia.

5 dari 5 halaman

Infografis Uji Coba Belajar Tatap Muka Sekolah di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.