Sukses

Awas Gebetan Manipulatif, Ini 5 Hal yang Harus Diwaspadai di Masa PDKT

Ada beberapa tanda yang harus diwaspadai saat masa pendekatan berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Masa pendekatan biasanya dianggap sebagai masa yang penuh dengan keabu-abuan. Anda pun mungkin mencoba mencari tahu bagaimana potensi hubungan yang dibangun lewat berbagai cara.

Namun sebenarnya, ada lho beberapa tanda yang harus diwaspadai saat masa pendekatan berlangsung. Hal ini dikarenakan gebetan bisa saja melakukan love bombing.

Love bombing merupakan kondisi dimana calon pasangan menghujani Anda dengan kasih sayang dan perhatian dengan tujuan untuk memanipulasi hubungan. 

Lalu, hal apa sajakah yang bisa diwaspadai? Berikut diantaranya.

1. Haus perhatian

Beberapa dari Anda mungkin senang saat mendapatkan respons pesan singkat yang cepat. Memiliki seseorang yang memberikan banyak perhatian dapat membantu Anda untuk merasa dicintai.

Namun, menurut pakar hubungan sekaligus pendiri Renew Breakup Bootcamp, Amy Chan, hal tersebut menjadi sesuatu yang perlu diwaspadai jika terjadi pada awal hubungan.

"Mereka yang melakukan love bombing menggunakan cara yang romantis untuk dapat memberikan validasi dan perhatian pada Anda, untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan," ujar Amy dikutip Bustle, Jumat (4/3/2022).

Love bombing bertujuan untuk mengarahkan dan mempertahankan kontrol pelakunya untuk menguasai diri Anda. Jika Anda merasa mereka terlalu lengket atau terburu-buru, maka beritahulah.

"Hubungan jangka panjang yang sehat tidak akan berlangsung dengan buru-buru dan memberikan tekanan," kata Amy.

2. Terlalu cepat mengutarakan

Amy menjelaskan, jika si dia terlalu cepat mengungkapkan keinginan untuk bersama dengan Anda terutama pada kencan pertama atau kedua, maka itu bisa menjadi tanda yang harus diwaspadai.

"Meskipun mungkin untuk merasakan hubungan emosional yang kuat dengan orang baru, mengenal mereka hanya lewat beberapa kencan untuk membuat keputusan seumur hidup bersama tidaklah cukup," ujar Amy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Janji terkait masa depan

Menjanjikan masa depan seperti pergi jalan-jalan bersama, komitmen dalam hubungan, atau bahkan memperkenalkan Anda pada teman dan keluarga di awal masa perkenalan bukanlah langkah yang tepat.

"Seseorang yang hampir tidak mengenal Anda dan membuat pernyataan tentang bahwa Anda adalah satu-satunya, atau membuat janji besar tentang masa depan kalian adalah tanda bahaya," kata Amy.

Berhati-hatilah jika si dia bersikap berlebihan di awal fase hubungan. Ingatlah, hubungan yang sehat selalu membutuhkan waktu untuk mengenal satu sama lain dengan baik.

4. Perubahan sikap drastis

Jika calon pasangan baru saja menghujani Anda dengan banyak perhatian dan kejutan, lalu berubah dengan cepat menjadi dingin, maka itulah salah satu tanda yang harus diwaspadai.

"Ini seperti ketika Anda sudah merasa ingin menyudahi hubungan, ia melakukan berbagai trik untuk menarik Anda kembali," ujar Amy.

Tanda satu ini dapat menunjukkan bahwa ia akan bersikap manis dan totalitas hanya jika menginginkan sesuatu, dan tentu, bukanlah suatu hal yang baik untuk hubungan yang sehat.

5. Pencapaian

Dalam poin satu ini, calon pasangan akan menjadikan Anda hanya sebagai sarana untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa benar-benar melihat esensi hubungan yang dibangun.

"Anda mungkin akan mulai menyadari bahwa dia tidak sepenuhnya berusaha untuk mengenal Anda lebih dalam. Namun justru mereka antusias dan terlalu sayang tanpa ada substansi didalamnya," kata Amy.

Jika Anda melihat tanda-tanda ini pada orang yang barus aja Anda kencani, ini jelas merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk mengambil langkah mundur dan menimbang kembali.

"Orang yang tepat ingin membangun hubungan yang sehat dan solid dengan Anda, dan itu membutuhkan waktu," ujar Amy.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.