Sukses

152 Pegawai RSHS Bandung Terpapar Virus Corona COVID-19

Virus Corona penyebab COVID-19 menimpa 152 orang pegawai di Rumah Sakit Hasan Sadikin atau RSHS Bandung

Liputan6.com, Jawa Barat - Sebanyak 152 pegawai Rumah Sakit Hasan Sadikin atau RSHS Bandung dinyatakan terpapar SARS-CoV-2 atau Virus Corona penyebab COVID-19.

Menurut Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang RSHS Bandung, Yana Akhmad Supriatna, diketahui adanya pegawai yang terjangkit COVID-19 merupakan hasil penyisiran dan hasil swab test dari akhir Januari 2022 hingga kini.

"Dan, data kami kemarin itu (Senin, 14 Februari) telah diperiksa dari dokter sebanyak 523 orang, ditemukan terpapar COVID-19 cukup besar yaitu 77 orang positif," katanya.

"Perawat yang sudah diperiksa itu 440 orang dan 57 orang positif. Kemudian dari penunjang (pegawai non medis) sudah diperiksa 47 orang dan 18 orang positif," Yana menambahkan dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 15 Februari 2022.

Yana menyebutkan bahwa hampir seluruh pegawai di rumah sakit rujukan se-Jawa Barat itu berstatus tanpa gejala (OTG).

Gejala yang terindikasi sangat ringan dan tengah melakukan isolasi mandiri (isoman). Beberapa di antaranya telah selesai melaksanakan isoman.

"Adanya pegawai-pegawai kami yang terkena COVID-19 tidak mengganggu pelayanan kesehatan. Kami belum melakukan perekrutan nakes (tenaga kesehatan) baru untuk menjalankan pelayanan kesehatan," kata Yana.

Meski jumlah pegawai rumah sakit milik Kemneterian Kesehatan yang terjangkit COVID-19 cukup banyak, tetapi Yana mengaku seluruh pelayanan kesehatan masih berjalan tanpa kendala.

Artiya, kata Yana, beberapa tugas nakes yang terpapar COVID-19 diambil alih oleh sesama nakes di RSHS.

"Namun persiapan perekrutan tetap dilakukan jika sewaktu-waktu kasus ini akan melonjak sudah disiapkan. Baik melakukan komunikasi langsung dengan Kementerian Kesehatan maupun di internal kami," pungkas Yana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.