Sukses

Ada Negara dengan Kematian Tinggi pada Gelombang Omicron, Prof Tjandra: Kita Perlu Waspada

Beberapa negara memiliki angka kematian yang tinggi pada saat gelombang Omicron terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Pascasarjana Universitas YARSI sekaligus eks Direktur Penyakit Menular Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Prof Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan bahwa Indonesia masih perlu waspada dalam menghadapi varian Omicron.

"Omicron memang jauh lebih mudah menular daripada Delta tetapi proporsi angka kematiannya jauh lebih rendah. Tapi kita perlu waspada," ujar Tjandra dalam keterangan tertulis pada Health Liputan6.com, Sabtu (12/2/2022).

"Ada beberapa negara yang angka kematian total pada saat Omicron ternyata lebih tinggi daripada ketika negara itu menghadapi varian Delta," tambahnya.

Terkait hal ini, Tjandra pun menyampaikan bahwa Indonesia sebenarnya sedang berduka karena kemarin, 11 Februari 2022, ada 100 jiwa yang meninggal dunia karena COVID-19.

Padahal sejak Jumat, 1 Oktober 2021 sampai bulan Januari lalu, angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia selalu ada dibawah 100. Bahkan, pada Selasa, 6 Januari 2022 lalu, rata-rata angka kematian di sini pernah hanya empat orang.

"Jadi sekarang sudah meningkat 25 kali lipat. Apalagi kita sepenuhnya menyadari bahwa satu nyawa pun yang hilang maka itu tidak dapat tergantikan oleh apapun juga," kata Tjandra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Angka kematian negara lain

Pada Jumat, 28 Januari 2022, World Economic Forum mempublikasikan artikel berjudul “If Omicron is less severe, why are COVID-19 deaths rising?”.

Tjandra menjelaskan, artikel tersebut membahas soal Australia yang mengalami jumlah kematian terbanyak selama pandemi COVID-19 dengan 100 orang meninggal dalam satu hari akibat Omicron.

"Jauh lebih tinggi katimbang waktu Australia dihantam varian Delta. Amerika Serikat pada akhir Januari 2022 juga mengalami hal yang sama, dimana ada kematian rata-rata 2200 orang seharinya, lebih tinggi daripada ketika mereka dihantam Delta September tahun yang lalu," ujar Tjandra.

Tak hanya itu, Korea Selatan juga menyampaikan angka kematian tertinggi hariannya pada Rabu, 22 Desember 2021 yakni sebanyak 109 orang.

Di Kanada, tepatnya pada Kamis, 27 Januari 2022, ada sebanyak 309 orang yang wafat. Padahal pada gelombang tertinggi sebelumnya, hanya ada 232 kematian.

3 dari 4 halaman

Lima hal yang bisa dilakukan

Menurut Tjandra, kasus di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan. Maka terkait hal tersebut, ada lima hal yang dapat dilakukan bersama.

Pertama, pembatasan Sosial. Bagi masyarakat memperketat protokol 3M atau 5M dan menjadikan “new normal” menjadi “now normal”. Bagi pemerintah tentu menerapkan PPKM, PTM terbatas atau PJJ bagi siswa dan bentuk pembatasan lain.

Kedua, 3-T, dimana bagi masyarakat yang bergejala atau ada kontak untuk segera melakukan test, dan pemerintah untuk meningkatkan dan memudahkan test serta meningkatkan kegiatan telusur.

Ketiga, meningkatkan lagi cakupan vaksin baik yang primer maupun yang booster.

Keempat, walaupun sekarang yang dominan adalah transmisi lokal tapi bagaimanapun kemungkinan penularan dari luar negeri tetap harus dicegah.

Kelima, mempersiapkan rumah sakit dengan lima aspek. Seperti ketersediaan tempat tidur dan ruang rawat, obat dan alat, sistem kerja yang aman, sistem rujukan yang cermat, serta yang paling penting adalah ketersediaan dan sistem kerja yang baik bagi tenaga kesehatan.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.
    Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

    covid update

  • Angka kasus Covid-19 di Indonesia kini sudah mencapai angka 3.686.740 per hari Senin, 9 Agustus 2021.

    Covid Indonesia

  • Angka kematian