Sukses

6 Tradisi Hari Valentine di Seluruh Dunia

Tidak hanya dengan coklat, bunga, atau boneka, beberapa negara memiliki cara mereka sendiri dalam merayakan hari kasih sayang ini

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang hari Valentine, toko-toko pada umumnya mulai dibanjiri promo cokelat, bunga, bahkan kartu ucapan. Ini karena cokelat menjadi makanan khas Hari Valentine.

Namun berbeda dengan beberapa negara, mereka beralih ke kartu ucapan dan permen berbentuk hati untuk menyatakan cinta. Beberapa bertukar sendok kayu dan bunga tekan, sementara yang lain mengadakan hari libur khusus bagi yang tidak dicintai untuk meratapi kehidupan lajang mereka.

Negara mana sajakah itu? Dan bagaimana tradisi mereka?

Berikut adalah bagaimana enam negara merayakan tradisi Hari Valentine di seluruh dunia, melansir Huffpost.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Denmark

Alih-alih mawar, teman dan kekasih di Denmark lebih terbiasa bertukar bunga putih yang ditekan sebagai tetesan salju. 

Tradisi Hari Valentine Denmark yang populer lainnya adalah pertukaran "kartu kekasih". Kartu kekasih pada awalnya adalah kartu transparan yang menunjukkan gambar pemberi kartu memberikan hadiah kepada kekasihnya, istilah ini sekarang identik dengan kartu apa pun yang dipertukarkan pada Hari Valentine.

Pada tanggal 14 Februari, laki-laki juga memberikan gaekkebrev kepada perempuan, sebuah "surat lelucon" yang terdiri dari puisi atau sajak lucu yang ditulis di atas kertas yang dipotong rumit dan hanya ditandatangani dengan titik-titik anonim. Jika seorang wanita yang menerima gaekkebrev dapat menebak pengirimnya dengan benar, dia akan mendapatkan telur Paskah di akhir tahun itu.

3 dari 6 halaman

2. Prancis

Tradisi kartu Hari Valentine pertama berasal dari Prancis ketika Charles, Duke of Orleans, mengirim surat cinta kepada istrinya saat dipenjara di Menara London pada tahun 1415. Dan hingga saat ini, kartu Hari Valentine tetap menjadi tradisi populer di Prancis dan di seluruh dunia.

Selain itu, ada juga acara Hari Valentine tradisional lainnya di Prancis yang bernama loterie d'amour, atau "menggambar untuk cinta". 

Pria dan wanita akan mengisi rumah yang saling berhadapan, dan kemudian bergiliran memanggil satu sama lain dan berpasangan. Pria yang tidak puas dengan pasangan mereka bisa dengan mudah meninggalkan seorang wanita untuk yang lain, dan para wanita yang tersisa berkumpul setelahnya untuk api unggun.

Selama api unggun, para wanita membakar foto-foto pria yang menganiaya mereka dan melontarkan makian dan hinaan kepada lawan jenis. Peristiwa itu menjadi sangat tidak terkendali sehingga pemerintah Prancis akhirnya melarang tradisi itu bersama-sama.

 

4 dari 6 halaman

3. Korea Selatan

Hari Valentine adalah hari libur populer bagi pasangan muda di Korea Selatan, dan variasi liburan dirayakan setiap bulan dari Februari hingga April.

Pemberian hadiah dimulai pada tanggal 14 Februari, ketika terserah pada wanita untuk merayu pria mereka dengan cokelat, permen, dan bunga. Tabel berubah pada tanggal 14 Maret, hari libur yang dikenal sebagai White Day, ketika pria tidak hanya menghujani kekasih mereka dengan cokelat dan bunga, tetapi juga memberikan hadiah.

Dan bagi mereka yang tidak memiliki banyak hal untuk dirayakan pada Hari Valentine atau Hari Putih, ada hari libur ketiga: Hari Hitam. Pada tanggal 14 April, sudah menjadi kebiasaan bagi para lajang untuk meratapi status kesendirian mereka dengan makan semangkuk gelap jajangmyeon, atau mie pasta kacang hitam.

4. China

Setara dengan Hari Valentine di Cina adalah Qixi, atau Festival Malam Ketujuh, yang jatuh pada hari ketujuh bulan lunar ketujuh setiap tahun. Selama Qixi, para wanita muda menyiapkan persembahan melon dan buah-buahan lainnya kepada Zhinu dengan harapan menemukan suami yang baik. 

Pasangan juga pergi ke kuil untuk berdoa bagi kebahagiaan dan kemakmuran. Pada malam hari, orang-orang melihat ke langit untuk menyaksikan bintang Vega dan Altair (Zhinu dan Niulang, masing-masing) mendekat selama reuni tahunan pasangan bernasib sial itu.

5 dari 6 halaman

5. Inggris

Menjelang Hari Valentine, para wanita di Inggris biasa meletakkan lima lembar daun salam di atas bantal mereka -- satu di setiap sudut dan satu lagi di tengah -- untuk mewujudkan impian calon suami mereka. Atau, mereka akan membasahi daun salam dengan air mawar dan meletakkannya di atas bantal mereka.

Di Norfolk, Jack Valentine bertindak sebagai semacam Santa untuk Hari Valentine. Anak-anak dengan cemas menunggu untuk mendengar Jack Valentine mengetuk pintu mereka, dan meskipun mereka tidak melihat sekilas Ayah Tua Valentine, anak-anak menikmati permen dan hadiah kecil yang tertinggal di beranda mereka.

6. Brasil

Dengan Karnaval diadakan sekitar bulan Februari atau Maret setiap tahun, orang Brasil melewatkan perayaan 14 Februari dan sebaliknya merayakan Dia dos Namorados, atau "Hari Kekasih," pada tanggal 12 Juni. Selain pertukaran cokelat, bunga, dan kartu yang biasa, festival musik dan pertunjukan diadakan di seluruh negeri. Pemberian hadiah juga tidak terbatas pada pasangan. 

Di Brasil, orang merayakan hari kasih sayang ini dengan bertukar hadiah dan berbagi makan malam dengan teman dan kerabat juga.

Hari berikutnya adalah Hari Santo Antonius, yang menghormati santo pelindung pernikahan. Pada hari ini, para wanita lajang melakukan ritual simpatias dengan harapan St. Antonius akan membawakan mereka seorang suami.

Reporter: Lianna Leticia

6 dari 6 halaman

Infografis Cuci Tangan Pakai Sabun Bunuh Virus Penyebab Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.