Sukses

Kasus COVID-19 Mulai Turun, Negara Bagian AS Longgarkan Syarat Penggunaan Masker

Beberapa negara bagian di Amerika Serikat akan melonggarkan syarat penggunaan masker.

Liputan6.com, New York - Gubernur New York, Kathy Hochul mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk melonggarkan syarat penggunaan masker. Hal ini dilakukan karena belakangan kasus COVID-19 di sana mengalami penurunan.

Menurutnya, keputusan tersebut dapat menghilangkan bentrok antar pribadi terkait penggunaan masker, terutama bagi kelompok konservatif di New York.

Hal serupa juga akan dilakukan di New Jersey. Negara bagian satu ini justru sudah mengumumkan bahwa pelonggaran dalam penggunaan masker ini akan dimulai pada bulan Maret.

"Ini bukan deklarasi kemenangan, melainkan pengakuan bahwa kita dapat hidup secara bertanggung jawab dengan hal ini," ujar Gubernur New Jersey, Philip D Murphy dikutip New York Times, Rabu (9/2/2022).

Philip juga mengumumkan bahwa siswa dan karyawan sekolah di New Jersey tidak lagi diharuskan menggunakan masker.

Keputusan untuk melonggarkan penggunaan masker di negara-negara bagian ini dilakukan karena jumlah kasus yang dilaporkan di sana telah mengalami penurunan ke level terendah sejak terdeteksinya varian Omicron pada bulan Desember 2021 lalu.

Per Selasa, rata-rata harian kasus baru di Amerika Serikat turun menjadi 240.000 kasus, yang mana masuk dalam kategori rendah bagi mereka.

Rata-rata harian rawat inap juga terus menurun sejak puncaknya pada Kamis, 20 Januari 2022 lalu. Rata-rata angka kematian harian di sana juga menginjak 2.600 jiwa per Minggu, 27 Januari 2022.

Terkait dengan capaian vaksinasi, menurut Our World in Data, hingga Senin, 7 Februari 2022, sudah ada 251.312.470 orang (76,3 persen populasi) di Amerika Serikat yang sudah melakukan vaksinasi dosis pertama.

Sedangkan, ada sekitar 212.283.771 juta orang (64,4 persen populasi) di sana yang telah melakukan vaksinasi COVID-19 dengan dosis lengkap atau kedua.

Serta, sudah ada sekitar 90.100.078 (27,3 persen populasi) yang juga telah melakukan vaksinasi booster.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disusul negara bagian lain

Tak lama setelah pengumuman oleh New Jersey, para pemimpin di California, Connecticut, Delaware dan Oregon secara terpisah juga mengumumkan bahwa mereka juga akan melonggarkan penggunaan masker tersebut.

Connecticut akan mengizinkan siswa dan anggota staf mereka untuk tidak menggunakan masker paling lambat pada Senin, 28 Februari 2022 mendatang.

Delaware dan Oregon pada Kamis, 31 Maret 2022. Sedangkan California pada Selasa, 15 Februari 2022.

"Kasus telah menurun, rawat inap telah stabil, mandat penggunaan masker dalam ruangan untuk mereka yang sudah divaksinasi akan berakhir pada 15 Februari," tulis Gubernur California, Gavin Newsom melalui akun Twitternya.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika
    Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika

    Amerika Serikat

  • Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.
    Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

    covid update

  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.

    Vaksinasi

  • Masker