Sukses

3 Kemungkinan Penyintas COVID-19 yang Sudah Vaksinasi Masih Bisa Terinfeksi Ulang

Banyak faktor yang menyebabkan orang yang sudah vaksinasi masih bisa kena COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama menyampaikan bahwa di kediamannya ada enam orang yang positif COVID-19.

Keenam anggota keluarganya sudah pernah PCR positif tahun lalu, jadi ini merupakan infeksi kedua.

“Semuanya juga sudah divaksinasi dua kali, kecuali cucu saya yang baru berumur 5 tahun. Juga, lima orang yang di rumah saya itu sudah divaksinasi sesudah mereka sembuh dari sakit tahun yang lalu, jadi harusnya sudah sesuai dengan fenomena super immunity (imunitas super),” kata Tjandra dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Selasa (8/2/2022).

Walau diperkirakan sudah memiliki super immunity, tapi mereka tetap terinfeksi. Maka dari itu, Tjandra berpendapat bahwa setidaknya ada tiga kemungkinan seseorang dapat terinfeksi kembali walaupun sebelumnya sudah pernah sakit dan bahkan sudah di vaksin.

Kemungkinan pertama adalah terkait varian yang menyerang sekarang, yakni Omicron. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa varian Omicron memang dapat menembus pertahanan tubuh yang terbentuk karena seseorang pernah sakit sebelumnya.

Ada penelitian menunjukkan risiko relatif terinfeksi ulang adalah 6,36 kali pada yang belum divaksinasi dan 5,02 kali pada yang sudah divaksinasi.

“Jadi walaupun sudah divaksinasi maka kemungkinan tetap terinfeksi Omicron memang mungkin terjadi, hanya diharapkan tanpa gejala atau keluhannya ringan saja.”

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efikasi Vaksin Tidak 100 Persen

Kemungkinan kedua yakni terkait efikasi vaksin yang tidak 100 persen. Hal ini menyebabkan orang yang yang sudah mendapat tiga kali suntikan pun masih mungkin terinfeksi COVID-19.

“Karena memang efikasi vaksin tidaklah 100 persen, jadi masih mungkin akan ada yang sakit yang disebut breakthrough infection, yang derajatnya dinilai dalam bentuk breakthrough infection rate (B-Infection rate).”

Walau masih mungkin terinfeksi, tapi pemberian vaksin secara lengkap ditambah booster akan secara bermakna mengurangi angka masuk rumah sakit dan jauh mengurangi kemungkinan gejala berat, tambah Tjandra.

3 dari 4 halaman

Suseptibilitas Genetika

Kemungkinan ketiga terkait status suseptibilitas genetika seseorang. Menurutnya, yang sudah diteliti antara lain peran polimorfisme ACE2, fenomena type 2 transmembrane serine proteases (TMPRSS2) dan genotype HLA-B*15:03 yang dihubungkan dengan kejadian sakit.

“Memang bukti ilmiah untuk ini belumlah terlalu jelas, tetapi akan baik kalau dilakukan juga penelitian suseptibilitas genetika COVID-19 di Indonesia,” ujar pria yang juga sempat menjabat Direktur World Health Organization (WHO) Asia Tenggara.

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Gejala COVID-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.

    Vaksinasi

  • Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun dari Covid-19.
    Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun dari Covid-19.

    vaksinasi covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron