Sukses

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Dimulai, Wamenkes Dante Sebut Kejar Herd Population

Liputan6.com, Jakarta - Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang sudah dimulai, menurut Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, sebagai salah satu upaya demi mewujudkan tercapainya kekebalan populasi (herd population).

Kementerian Kesehatan pun menargetkan herd population di angka 70 persen. Sementara itu, untuk cakupan vaksinasi 70 persen dosis pertama sesuai yang ditargetkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sejumlah daerah sudah tercapai.

"Kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini akan terus berjalan dan mudah-mudahan selesai dalam waktu beberapa bulan ini. Tentunya, akan terus bertambah (daerah yang melaksanakan vaksinasi anak), sehingga target yang kita ingin capai di seluruh wilayah Nusantara bisa tercapai secepat-cepatnya," ujar Dante saat menghadiri kick off vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN 03 Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (14/12/2021).

"Dan kita akan mendapatkan herd population. Target kita sekarang ini, bukan herd immunity, tapi herd population mencapai 70 persen. Sekarang, untuk vaksinasi (dosis pertama di beberapa daerah) yang ditargetkan Presiden sampai 70 persen akhir tahun ini sudah mencapai target 70,4 persen."

Wamenkes Dante melanjutkan, setiap daerah berupaya mengejar cakupan vaksinasi 70 persen agar capaian tersebut dapat tercapai. Diharapkan target vaksinasi 70 persen dosis pertama sudah tercapai akhir tahun 2021.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Sukseskan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Upaya percepatan vaksinasi COVID-19, terutama kepada anak usia 6-11 tahun juga akan bertahap dilakukan di daerah. Hal ini demi memperluas cakupan vaksinasi dan target herd population tercapai.

"Beberapa waktu yang akan datang, kita akan melakukan akselerasi, sehingga kita akan cepat mencapai dosis (vaksinasi) yang kita targetkan bersama-sama," Dante Saksono Harbuwono menambahkan.

"Mudah-mudahan nanti, kegiatan vaksinasi (anak usia 6-11 tahun) kick off yang kita laksanakan hari ini di beberapa kota dapat berjalan secara sinergis secara kontinyu dan berlangsung lebih cepat dengan dibantu oleh semuanya."

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini menyasar 26,7 juta anak. Dosis penyuntikan dua kali menggunakan vaksin Sinovac, sehingga total membutuhkan 58 juta dosis. Kemenkes mencatat sudah ada 115 kabupaten/kota di 19 provinsi yang memenuhi syarat pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun.

Syarat yang dimaksud adalah kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria 70 persen vaksinasi dosis pertama dan 60 persen vaksinasi lansia. (Selengkapnya: Menkes Budi: 115 Daerah Penuhi Syarat Vaksinasi Anak 6-11 Tahun)

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Bebal, Kamu Tidak Kebal Covid-19