Sukses

58 Juta Dosis Vaksin Sinovac untuk Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyiapkan 58 juta dosis vaksin COVID-19 untuk vaksinasi anak 6-11 tahun. Jumlah tersebut mencakup penyuntikan dua dosis yang menyasar 26,7 juta anak usia enam hingga 11 tahun.

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, menyampaikan penambahan pasokan vaksin COVID-19 yang menggunakan Sinovac untuk vaksinasi anak 6-11 tahun terus diupayakan. Saat ini, untuk penyuntikan awal (kick off) sudah tersedia 6,4 juta dosis.

"Dari data yang sudah kami rekap, secara nasional bahwa kebutuhan vaksinasi ini untuk anak-anak usia 6-11 tahun kira-kira 26,7 juta anak. Jadi, kalau dua kali vaksinasi (penyuntikan), berarti sekitar 58 juta dosis," terang Dante saat menghadiri kick off vaksinasi anak 6-11 tahun di SDN 03 Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (14/12/2021).

Pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun sudah melalui rekomendasi Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait penggunaan vaksin Sinovac.

"Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini, maka anak-anak bisa lebih sehat, bisa lebih terjamin untuk tidak terkena infeksi COVID ketika mereka melakukan proses belajar dan mengajar di sekolah secara langsung," imbuh Dante.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

115 Daerah di 19 Provinsi Mulai Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Dante Saksono Harbuwono menambahkan, pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah dimulai di 115 kabupaten/kota di 19 provinsi. Syarat kabupaten/kota tersebut adalah cakupan vaksinasi dosis pertama dan lansia terpenuhi.

"Untuk anak-anak dimulai penyuntikan hari ini di 115 kabupaten/kota di 19 provinsi, dengan kriteria bahwa kota/kabupaten tersebut sudah mencapai 70 persen vaksinasi dosis pertama dan 60 persen vaksinasi lansia," tambahnya.

Kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan terus berjalan hingga mencapai target 26,7 juta anak tervaksinasi.

"Mudah-mudahan akan selesai dalam waktu beberapa bulan ini. Tentunya, mengejar kelompok prioritas tervaksinasi dan akan terus bertambah, sehingga target yang kita ingin capai di seluruh wilayah Nusantara dapat tercapai," ucap Wamenkes Dante.

3 dari 3 halaman

Infografis Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Kamu Sudah Siap?