Sukses

50 Tahun Berdiri di Bumi Pertiwi, Inilah Kontribusi AstraZeneca untuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Nama perusahaan biofarmasi AstraZeneca tak asing di telinga masyarakat Indonesia sejak pandemi COVID-19 berlangsung. Namun sebenarnya, AstraZeneca telah berada di Indonesia selama kurang lebih 50 tahun, lho.

Awalnya, AstraZeneca memasuki Indonesia pada tahun 1971 dengan nama ICI Pharmaceutical. Perusahaan satu inipun berubah nama menjadi AstraZeneca setelah terjadi merger antara perusahaan Astra AB dari Swedia dan Zeneca Group dari Inggris.

"Kami bangga telah membangun landasan yang kuat dengan menyediakan berbagai obat baru dan inovatif di Indonesia selama 50 tahun terakhir," ujar Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia Sewhan Chon dalam keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com, Selasa (30/11/2021).

Tak hanya berfokus pada vaksin COVID-19, AstraZeneca juga berkontribusi dalam mengatasi penyakit tidak menular (PTM). Sebelumnya, AstraZeneca merupakan perusahaan pertama yang membawa Klorokuin Fosfat untuk Malaria ke Indonesia pada tahun 1978.

AstraZeneca juga menjadi salah satu perusahaan yang menyediakan solusi terapi target untuk para pasien kanker di Indonesia. Dalam upaya memenuhi target ekspor penyediaan obat-obatan, AstraZeneca telah membangun pabriknya di Cikarang, Jawa Barat pada 2010 lalu.

"Kami akan terus berkomitmen untuk selalu ada bagi para pasien meskipun di tengah tantangan kesehatan yang saat ini terjadi, termasuk mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi," kata Sewhan.

"Hal inilah yang membuat kami tidak pernah berhenti menciptakan inovasi berbasis sains demi memenuhi kebutuhan obat-obatan yang dapat memperbaiki hidup pasien dan masyarakat,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Jutaan dosis vaksin COVID-19

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, AstraZeneca telah melakukan kolaborasi bersama pemerintah Indonesia untuk menyediakan vaksin. Hingga September 2021, Indonesia telah menerima 19.5 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca.

Pemberian vaksin tersebut dilakukan lewat perjanjian bilateral, fasilitas COVAX, dan donasi. Pada awalnya, AstraZeneca pun memberikan vaksin secara nirlaba untuk mewujudkan akses vaksin yang seluas-luasnya di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Secara keseluruhan, 1 miliar dosis vaksin AstraZeneca sudah didistribusikan ke seluruh dunia. Termasuk pada negara-negara dengan penghasilan menengah ke bawah. 

3 dari 3 halaman

Infografis

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.
    vaksin
  • Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit Plasmodium.
    Malaria
  • Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana.
    pandemi
  • AstraZeneca plc adalah sebuah perusahaan farmasi dan biofarmasi multinasional yang berkantor pusat di Cambridge, Inggris.
    AstraZeneca plc adalah sebuah perusahaan farmasi dan biofarmasi multinasional yang berkantor pusat di Cambridge, Inggris.
    AstraZeneca