Sukses

Perhatikan Pola Makan Saat Liburan, Awas Kebablasan

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit dari kita yang 'kebablasan' dalam menyantap makanan saat liburan. Selain tinggi kalori, makanan yang masuk ke dalam tubuh kita cenderung rendah nutrisi.

Sebenarnya, tidak apa-apa juga menyantap makanan rendah nutrisi seperti camilan manis atau asin. Hanya saja, kita jadi cepat kenyang dan tak sanggup memasukkan makanan kaya nutrisi sesudahnya.

Kunci agar tidak kebablasan saat liburan adalah dengan memerhatikan asupan protein. Menurut Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, mengonsumsi lebih banyak protein ke dalam setiap makanan dapat membantu kita menghindari makanan manis dan rendah nutrisi lainnya.

Dengan meningkatkan asupan protein dan mengurangi karbohidrat serta lemak olahan, kata Susan, dapat membuat kita kenyang lebih lama.

"Sehingga cenderung makan lebih sedikit dan mengurangi camilan yang tak sehat," katanya dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 28 November 2021.

 

2 dari 4 halaman

Peran protein bagi tubuh manusia

Dijelaskan Susan, protein membantu kita memertahankan massa otot tanpa lemak. Itu mengapa protein menjadi satu komponen penting yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, protein membantu kita membuat porsi makanan lebih sedikit, tapi kenyang lama.

Susan pun menyarankan memasukan sumber protein di setiap aktivitas makan kita. Bisa daging, telur, kacang-kacangan, sampai biji-bijian.

"Jadi, ketika menambahkan protein sambil mengurangi kalori, kita akan mendapatkan manfaat dari nutrisi tambahan yang dibutuhkan tubuh," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menolak Makan Berlebihan Saat Liburan

Berikut adalah beberapa cara untuk menambahkan protein dan menahan godaan mengonsumsi makanan yang kurang sehat saat liburan.

Sarapan Sehat yang Kaya Protein

Mulailah hari dengan sarapan pagi yang berprotein tinggi. Beralih pada sereal, cobalah shake pengganti makanan atau oatmeal dengan bubuk protein yang dicampur.

Studi menunjukkan bahwa sarapan kaya protein tidak hanya membantu untuk tetap kenyang sampai makan siang, tetapi bahkan dapat membantu membatasi asupan sepanjang hari.

Sertakan Camilan Bergizi

Susan menyarankan untuk mengosongkan perut saat pergi liburan. Makanlah makanan ringan, seperti yogurt atau keju tanpa lemak dengan buah, atau camilan ringan protein bar sebelum pergi.

Anda juga dapat membawa bekal, seperti kacang tawar, protein bar untuk berjaga-jaga.

Jadilah Selektif Tentang Makanan Liburan

Saat melihat menu makanan dan hidangan saat liburan, ada beberapa cara untuk menjaganya tetap sehat. Untuk hidangan utama, carilah sumber protein tanpa lemak seperti ikan bakar, daging unggas, daging tanpa lemak, atau sumber vegetarian seperti kacang-kacangan.

Cobalah mengurangi karbohidrat seperti nasi putih, roti, kentang tumbuk, dan pasta tepung putih. Sebagai gantinya, taruh lebih banyak sayuran dan salad, cari kacang dan biji-bijian yang kaya protein seperti beras merah, atau pasta gandum.

Selain itu perlu diperhatikan 'kalori cair' karena minuman liburan dapat menghasilkan banyak kalori, seperti contoh segelas air soda ditambahkan lemon atau jeruk nipis akan tetap terasa nikmat, tetapi bebas kalori sehingga dapat membantu tetap terhidrasi.

“Anda tidak harus sepenuhnya menghindari makanan favorit saat liburan. Salah satu triknya adalah mengurangi camilan, seperti kue keping cokelat dan sebagai gantinya, nikmati porsi kecil camilan spesial yang dikaitkan dengan liburan. Dan jangan lupa rutinitas olahraga," kata Susan.

"Dengan begitu Anda tidak hanya akan merasa lebih baik, tetapi juga akan terlihat hebat dalam liburan terbaik Anda,” Susan menambahkan.

4 dari 4 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran