Sukses

Tidak Tertarik? Ini 3 Cara Beritahu si Dia Tanpa Harus Ghosting

Liputan6.com, Jakarta Menjauh tiba-tiba tanpa kejelasan atau yang dikenal dengan sebutan ghosting bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Padahal, ada beberapa cara yang lebih baik untuk memberitahu si Dia ketika Anda tak tertarik.

"Ghosting bukanlah pilihan yang baik karena seringkali membuat orang berasumsi bahwa penyebabnya berkaitan dengan apa yang membuat mereka juga tidak percaya diri (insecure)," ujar seorang terapis Amalia Miralrío dikutip Bustle, Selasa (23/11/2021).

Amalia mengungkapkan bahwa tanpa penjelasan yang tepat, Anda dapat memperkuat keyakinan negatif dan seringkali tidak tepat tentang harga diri seseorang yang ditinggalkan.

Jadi, mari mulailah menjadi lebih baik dengan menghargai waktu dan perasaan orang lain yang telah Anda kencani, bahkan ketika tidak tertarik untuk melanjutkan hubungan.

Dengan mengingat hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan daripada memilih ghosting sebagai solusi. Berikut penjelasannya.

1. Menilai situasi

Saat Anda mulai berpikir untuk melakukan ghosting, luangkanlah waktu untuk menilai situasi yang terjadi. Pertimbangkanlah alasannya dan seberapa serius Anda dalam hal berkencan.

"Jika Anda sudah pernah bertemu dan pergi bersama, jujurlah dan beritahu mereka bahwa perasaan Anda telah berubah. Itulah gunanya berkencan, untuk mengetahui apakah Anda benar-benar menyukainya atau tidak," ujar Amalia.

Apabila Anda sudah menilai situasi dan menganggap ada potensi bahaya, maka tak apa untuk menghentikan komunikasi. Terlebih jika Anda merasa ada ancaman bagi keselamatan fisik atau emosional.

2 dari 3 halaman

2. Jelaskan dengan jujur

Jika yang muncul hanyalah rasa ketidakcocokan, maka orang tersebut masih pantas untuk mendapatkan penjelasan yang baik dan mengetahui apa yang menjadi masalah. Tahanlah keinginan untuk berbohong dalam kondisi ini.

"Ingatlah bahwa ketika Anda ghosting dan membuat orang bertanya-tanya kesalahan fatal apa yang telah ia lakukan akan lebih menyakitkan daripada menerima pesan berisi penjelasan," kata Amalia.

Berikanlah penjelasan sederhana mengapa Anda tak lagi ingin melanjutkan hubungan. Ucapkan pula terima kasih karena sudah sempat menghabiskan waktu bersama.

"Dengan cara itu, orang akan tahu bahwa mereka bukannya tidak dapat dicintai. Namun hanya tidak cocok untuk Anda. Penting untuk bersikap sejujur mungkin. Sehingga orang memiliki jawaban jelas, dan tidak merasa buruk tentang dirinya," ujar Amalia.

3. Tawaran menjadi teman

Cinta tak terbalas tentu jadi hal yang menyebalkan sama seperti ghosting. Namun jika Anda tetap ingin mempertahankan orang tersebut, tanyakanlah apakah ia masih ingin berteman atau tidak.

"Tentu orang lain memiliki hak untuk memiliki ruang dalam mengatasi perasaan mereka, atau untuk mengatakan bahwa persahabatan mungkin akan membuat mereka juga tidak nyaman," kata terapis pernikahan dan keluarga, Beverly Andre.

"Tetapi dengan begitu, Anda akan tahu mengapa harus memilih ghosting jika Anda dan dirinya bisa menjadi teman baik?" tambahnya.

Akan ada sejuta alasan yang lebih mudah untuk menghilang begitu saja dan menghindari percakapan yang berpotensi canggung.

Tetapi pikirkanlah tentang semua waktu yang telah dihabiskan bersama dan bantulah orang lain jika Anda ingin mengakhirinya dengan cara yang baik dan jujur.

3 dari 3 halaman

Infografis