Sukses

Shatpavali, Cara Bugar Sederhana Masyarakat India yang Dilakukan Sehabis Makan

Melakukan kegiatan ini sehabis makan mendatangkan banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak banyak yang tahu bahwa jalan kaki tipis-tipis setelah makan bisa mendatangkan keajaiban amat besar bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Di India, kegiatan tersebut dikenal dengan Shatpavali. Yang jika dilakukan dengan benar tiap kali selesai makan, membantu kita tetap bugar dan sehat.

Shatpavali---yang jika diartikan berjalan (pavali) 100 langkah (shat)---setelah makan siang dan makan malam berguna meningkatkan kesehatan tubuh.

Seorang ahli Ayurveda---pengobatan tradisional tertua di India---Dr Nitika Kohli, menjelaskan, jalan kaki selama 15 menit yang dilakukan tak lama setelah makan, bantu kita menjaga kesehatan dan mencegah berbagai komplikasi kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Shatpavali atau Jalan Kaki Setelah Makan

Situs WebMD menjelaskan bahwa pengobatan Ayurveda didasarkan pada kepercayaan bahwa kesehatan seseorang tergantung pada pikiran, tubuh, dan jiwa.

Di situ tertulis juga bahwa tujuan dari Ayurveda bukan untuk memerangi penyakit, tapi untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Itu disebabkan jalan kaki berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan, membantu metabolisme makanan, dan menghilangkan rasa malas yang kerap muncul sehabis makan.

Namun, Nitika, mengingatkan, untuk tidak jalan cepat setelah makan karena dapat meningkatkan hawa panas di dalam tubuh. Sehingga, Shatpavali adalah yang terbaik.

 

3 dari 4 halaman

Cara Sehat Lainnya

Di sisi lain, Nitika memberika tips agar tubuh lebih sehat dan bugar, seperti dikutip dari situs Times of India pada Selasa, 16 November 2021.

- Perhatikan kualitas tidur

- Kelola stres dan cemas

- Makan makanan seimbang

- Tetap aktif secara fisik

- Minum secangkir teh hijau setiap hari

- Jangan duduk terlalu lama

- Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.