Sukses

Mengenal Manfaat Taekwondo dari Keberhasilan Jan Ethes

Cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Srinarendra meraih medali emas atas keberhasilannya mengalahkan lawan di pertandingan taekwondo.

Liputan6.com, Jakarta Cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Srinarendra meraih medali emas atas keberhasilannya mengalahkan lawan di pertandingan taekwondo.

Jan Ethes menjadi salah satu dari 248 peserta yang bertanding di kejuaraan taekwondo kelas kyorugi pemula dalam ajang SKB Solo Sensation 2021. Putra sulung Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda ini datang dengan dobok atau seragam taekwondo lengkap dengan sabuk putih melingkari pinggangnya.

Pertandingan yang diikuti Jan Ethes ini berlangsung di Convention Hall Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta pada Minggu (14/11/2021) mengutip Lifestyle Liputan6.com.

Dari beberapa video unggahan, Jan terlihat semangat dalam bertanding. Di usianya yang masih sangat muda yakni 5 tahun, ia terlihat kuat saat menendang dan bertahan dari tendangan lawannya.

Melansir webmd.com, taekwondo sediri termasuk seni bela diri yang merupakan tradisi pertempuran kuno untuk pertahanan diri, kompetisi, pengembangan fisik, mental, dan spiritual.

Seni bela diri ini dimulai lebih dari 3.000 tahun yang lalu di Sri Lanka, secara bertahap menyebar ke Cina, India, Korea, Barat, dan Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Seni Bela Diri

Secara umum, seni bela diri termasuk taekwondo menawarkan kesempatan untuk tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental.

Beberapa manfaat dari seni bela diri yang bisa didapatkan anak maupun dewasa yakni:

Pelepas Stres

Seni bela diri dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan mendorong untuk berlatih pernapasan dalam, meditasi, dan perhatian penuh. Ini membantu melatih pikiran untuk menjaga perhatian tetap fokus sambil tetap tenang dan waspada.

“Ini bisa sangat membantu ketika Anda mencoba melakukan banyak tugas yang membagi perhatian Anda,” mengutip webmd.com, Senin (15/11/2021).

Ketenangan

Orang yang berlatih seni bela diri sering merasakan ketenangan, kepercayaan diri, dan kedamaian baru terkait siapa mereka dan tujuan hidup mereka.

Dorongan Percaya Diri

Berlatih seni bela diri juga dapat mendorong produksi endorfin yang mengangkat suasana hati.

“Dan saat Anda menguasai keahliannya, Anda mungkin juga akan mendapatkan dorongan kepercayaan diri.”

Ini adalah cara yang bagus untuk menyalurkan dan mengarahkan energi ke arah positif yang dapat dibangun dari waktu ke waktu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lainnya

Regulasi Emosi

Berlatih seni bela diri juga dapat membantu dalam menguasai pikiran dan emosi pribadi. Hal ini dapat membantu mengembangkan stabilitas emosional yang lebih besar, ketegasan, kepercayaan diri, dan mengurangi perasaan agresif.

Meningkatnya Harga Diri

Selain memperkuat tubuh, seni bela diri juga dapat memperkuat pikiran. Seni bela diri dapat membantu mengajari cara bangkit kembali dari kegagalan. Hal ini dapat melatih agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan ketika gagal.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.