Sukses

5 Manfaat Iktioterapi atau Terapi dengan Ikan Garra Rufa Untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Terapi atau yang juga dikenal sebagai 'perawatan medis', adalah upaya pengobatan untuk diagnosis medis tertentu. Efektivitas suatu terapi mungkin berbeda-beda, tetapi esensi dari kegiatan ini adalah untuk kondisi kesehatan yang lebih baik, baik fisik maupun mental.

Dilansir Dr Health Benefits, Senin (11/10/2021), Ada banyak jenis terapi di seluruh dunia yang dikategorikan berdasarkan tiga kelas, yakni berdasarkan intensitas, niat terapi, dan komposisinya. Sedangkan untuk iktioterapi atau terapi ikan, "Ichthyo" berasal dari kata Yunani yang berarti ikan, sebab itulah terapi ini menggunakan ikan, terutama ikan kecil seperti Garra rufa.

Terapi ini bekerja ketika memasukkan kaki ke dalam air, selanjutnya ikan akan berkerumun sekitar kaki. Namun, selain berguna untuk membersihkan luka kulit, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari iktioterapi atau terapi menggunakan ikan:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Sebagai Pengobatan Alternatif

Pengobatan alternatif berguna bagi mereka yang tidak ingin mengambil risiko atau merasa sakit. Pengobatan ini juga jauh dari tindakan yang dapat menyebabkan fatal dan tentunya obat-obatan dosis tinggi.

Oleh karena itu, banyak orang yang mengambil jalur pengobatan alternatif, salah satunya yakni iktioterapi. Meskipun sebuah penelitian menunjukkan bahwa iktioterapi mungkin memberikan pilihan medis alternatif.

3 dari 7 halaman

2. Dampak yang Efektif

Dalam hal ini, pendekatan manusia terhadap habitat alami ikan adalah kunci dari terapi ini, sehingga manusia harus memasukkan kakinya ke dalam air. Pendekatan semacam ini memberikan pengalaman baru yang menarik bagi pasien.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien iktioterapi merasa geli akibat ikan-ikan yang datang berkerumun dan merasa senang setelah perawatan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terapi tersebut berdampak efektif.

4 dari 7 halaman

3. Bermanfaat Bagi Mental

Ikan yang digunakan sebagai iktioterapi ini berasal dari habitat alami yang dapat ditelusuri hingga ke tepi sungai Efrat, terutama di wilayah Kangal, Turki yang sangat luas. Pada awalnya, orang mengamati perilaku aneh ikan ini, hingga akhirnya terapi ini menimbulkan efek penyembuhan, dan digunakan di wilayah Kangal saja.

Jadi, banyak orang datang ke Kangal dan menjadi tempat pengobatan kesehatan. Saat itu pengaruhnya tidak hanya secara fisik tetapi juga mental, karena orang-orang yang berwisata ke sana juga menikmati resort tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Tidak Ada Efek Samping

Hal yang paling menyenangkan dari terapi ini adalah tidak ada efek samping. Ada banyak jenis terapi di luar sana yang menimbulkan banyak efek samping yang mengerikan, seperti, beberapa mungkin datang dengan rasa sakit dan penderitaan.

Namun, dengan iktioterapi alih-alih merasakan kesakitan, terapi semacam ini justru memberi kesenangan. Dengan berinteraksi dengan organisme lain, menjaga hubungan simbiosis dan tentunya mendapatkan kesehatan.

6 dari 7 halaman

5. Pengobatan Ilmiah

Beberapa orang mungkin meragukan efek sebenarnya dari terapi ini. Hanya dengan merendam kaki, tidak merasakan sakit dan juga tidak memiliki efek samping dapat membuat sehat, sehingga terdengar lebih seperti sihir daripada perawatan medis berdasarkan ilmiah.

Tetapi pada kenyataannya, itu adalah hasil murni dari pengobatan ilmiah. Sebuah penelitian menemukan bahwa 65% dari responden menjadi lebih baik setelah pengobatan. Bahkan 87,5% dari mereka mengatakan bahwa mereka lebih menyukai hasil iktioterapi daripada pengobatan lainnya.

Itulah lima manfaat iktioterapi atau terapi menggunakan ikan, bagi kesehatan tanpa efek samping dan menyenangkan.

Penulis: Vania Dinda Marella

7 dari 7 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19