Sukses

Dukungan dalam Hubungan Suami Istri Kurangi Stres?

Apa yang harus suami istri lakukan agar tidak stres?

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan suami istri yang saling mendukung bisa mengurangi tingkat stres. Ini terlihat ketika pasangan suami istri sedang menonton film horor.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Brigham Young dan Universitas Arizona telah menemukan bahwa pasangan suami istri yang saling mendukung saat menonton film horor mengalami sedikit stres daripada pasangan yang tidak mendukung.

Tim telah menulis makalah yang menjelaskan eksperimen mengenai film horor bikin suami istri lebih bahagia telah diterbitkan ke situs akses terbuka PLOS ONE.

Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa orang mengalami sedikit stres selama masa stres jika mendapat dukungan dari orang lain. Namun, pengalaman seperti itu sulit diukur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eksperimen Sederhana

Untuk itu peneliti membuat eksperimen sederhana yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengukur peristiwa semacam itu.

Untuk studi ini, para peneliti meminta 83 pasangan yang telah menikah setidaknya selama 10 tahun untuk menonton klip video pendek yang diambil dari bagian film horor yang menegangkan seperti dilansir laman MedicalXpress pada Senin, 20 September 2021.

Dalam percobaan, para peneliti meminta salah satu sukarelawan dalam pasangan untuk duduk dan menonton klip video yang horor, sementara pasangannya duduk di sebelahnya mendengarkan musik yang tidak berhubungan.

Setelah itu, pasangan itu akan bertukar tempat. Juga, dalam beberapa skenario, pasangan diminta untuk berpegangan tangan dan berperilaku mendukung, sementara dalam skenario lain mereka diminta untuk duduk agak terpisah.

Saat eksperimen berlangsung, para peneliti mengukur respons stres pada sukarelawan menggunakan manset tekanan darah dan perangkat lunak pengukur pelebaran mata. Setiap relawan juga ditanya bagaimana perasaannya terhadap pasangan mereka saat menonton klip video.

 

3 dari 4 halaman

Hasil Penelitian

Para peneliti menemukan bahwa sekitar dua pertiga pasangan yang berpegangan tangan selama menonton klip video memiliki respons stres yang lebih rendah. Sebagian besar dari mereka juga melaporkan merasa lebih didukung saat mereka menonton video.

Para peneliti mengaaian temuan mereka itu mengisyaratkan dampak dukungan pasangan dalam suatu hubungan, terutama selama masa stres.

Peneliti mengakui bahwa hasil mereka sulit untuk diterapkan dalam keadaan yang berbeda, tetapi mereka tetap menyarankan agar pasangan secara aktif mencari cara untuk saling mendukung, bukan hanya untuk membuat hubungan mereka lebih baik tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan fisik mereka.

4 dari 4 halaman

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.