Sukses

Peringati Hari Palang Merah Indonesia, Ketahui Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Tanggal 3 September diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia. Lalu, sudah tahu belum manfaat donor darah bagi kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 3 September setiap tahun diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia. Hari ini bisa dijadikan momentum untuk mengingat bahwa Indonesia masih membutuhkan terus membutuhkan donor darah.

Penting untuk mengetahui manfaat donor darah itu sendiri sebelum melakukannya. Berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan melansir dari situs Palang Merah Indonesia (PMI).

1. Turunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah yang dilakukan secara teratur dinilai dapat membantu menurunkan kadar kekentalan darah, yang merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, mereka yang melakukan donor darah secara rutin memiliki kemungkinan 88 persen lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Turunkan risiko kanker

Kadar zat besi dalam tubuh bisa menjadi lebih stabil melalui donor darah yang rutin dilakukan. Berkurangnya zat besi yang berlebih sendiri ternyata dapat mengurangi risiko terjadinya kanker.

Kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap dapat menjadi salah satu penyebab peningkatan radikal bebas dalam tubuh yang menjadi faktor penyebab kanker.

3. Bantu turunkan berat badan

Donor darah juga dinilai dapat membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut karena orang dewasa rata-rata bisa membakar hingga 650 kalori saat melakukan donor darah sebanyak 450 ml.

Namun, penting juga untuk mengingat bahwa donor darah tidak dapat dijadikan satu-satunya pilihan untuk menurunkan berat badan. Diperlukan juga pola hidup yang sehat lewat olahraga dan mengatur asupan yang masuk.

4. Deteksi penyakit serius

Selanjutnya, donor darah juga bisa membantu seseorang mendeteksi kondisi kesehatannya. Ketika donor darah, seseorang akan diperiksa terlebih dahulu untuk melihat kondisi kesehatannya untuk mendeteksi penyakit tertentu.

Pemeriksaan tersebutlah yang dianggap dapat membantu pendonor untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.