Sukses

8 Tips Turunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas jalan kaki menyimpan segudang manfaat. Salah satunya dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Melansir Good Housekeeping pada Sabtu, 4 September 2021, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menyarankan orang dewasa harus lebih banyak bergerak dan duduk lebih sedikit sepanjang hari. Bergerak meski hanya sebatas jalan kaki dinilai lebih baik daripada tidak sama sekali.  

Penelitian terus menunjukkan bahwa olahraga teratur secara keseluruhan bermanfaat bagi kesehatan Anda, dan aktivitas jalan kaki sendiri memiliki beberapa manfaat di antaranya;

1. Meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mempromosikan kesehatan mental.

3. Memerangi obesitas.

4. Memaksimalkan Non-Exercise Activity Thermogenesis (NEAT), atau energi yang dikeluarkan untuk apa pun selain olahraga formal dan tidur, Anda.

Berikut 8 tips untuk menurunkan berat badan dengan berjalan kaki

2 dari 3 halaman

Cuaca, Hidrasi, Perlengkapan, Fokus

1. Periksa Cuaca

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah terjebak dalam badai hujan di tengah perjalanan Anda. 

Dengan melihat laporan cuaca di pagi hari, Anda dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk jalan-jalan. Jika biasanya berjalan sekitar jam 5 sore tetapi laporan cuaca memperkirakan akan hujan, maka Anda dapat menjadwal ulang perjalanan Anda setelah makan siang. Dan selalu bawa ponsel yang terisi daya untuk berjaga-jaga jika cuaca berubah dan Anda membutuhkan seseorang untuk menjemput Anda.

2. Hidrasi

Jika Anda akan berjalan-jalan, pastikan Anda terhidrasi.

Cobalah untuk tetap terhidrasi di siang hari dan minum dua gelas air setidaknya 30-60 menit sebelum berjalan sehingga keluar dari sistem Anda (dan Anda tidak perlu menggunakan kamar mandi). Ketika Anda kembali dari jalan-jalan, pastikan untuk menenggak segelas air untuk rehidrasi tubuh.

Hindari soda manis atau minuman elektrolit; jika Anda berjalan dengan intensitas sedang, air akan baik-baik saja untuk rehidrasi tubuh.

3. Dapatkan Perlengkapan yang Tepat

Singkirkan sandal jepit lama dan pilih sepasang sepatu kets yang bagus. Ini akan membantu dengan postur selama Anda berjalan dan juga dapat mengurangi risiko cedera. Selain itu, jika Anda mengenakan sepatu kets yang tepat, ini dapat membantu meningkatkan langkah Anda dan membuat berjalan lebih jauh lebih nyaman.

4. Fokus pada Bentuk

Berjalan sendiri tidak membutuhkan banyak keterampilan dan sangat alami, tetapi postur dan isyarat bentuk tertentu dapat membantu meningkatkan kemampuan berjalan Anda.

Berfokuslah untuk menjaga dagu Anda tetap tegak dan bahu tetap tegak. Inti Anda harus diaktifkan dan punggung Anda harus bagus dan lurus. Yang paling penting, bokong Anda harus terlibat dengan setiap langkah dan mencoba untuk berpikir tentang menyelipkan bokong Anda ke dalam. Anda akan ingin mendarat di tumit Anda dan berguling ke depan untuk mendorong jari-jari kaki Anda dengan setiap langkah.

3 dari 3 halaman

Kecepatan, Tujuan, Tanjakan, Teman

5. Tingkatkan kecepatan

Berjalan dalam interval adalah cara yang bagus untuk membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan membuat jalan Anda tetap menarik. Dalam hal berjalan, ada tiga jenis langkah yang berbeda:

  • berjalan (mirip dengan window shopping, tentang kesulitan 3/4 pada skala 10)
  • jalan cepat (berusaha di sini, tentang kesulitan 4/5)
  • power walk (dalam misi, tentang kesulitan 5/6).

Lakukan pemanasan dengan berjalan-jalan, lalu lakukan langkah cepat selama berjalan, dan dorong ke kecepatan jalan kaki setiap lima menit untuk meningkatkan detak jantung Anda. Lihat berapa lama Anda dapat mempertahankan kecepatan berjalan yang bertenaga dan kemudian coba tingkatkan beberapa detik setiap kali Anda keluar untuk berjalan-jalan.

Power walking untuk menurunkan berat badan dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

6. Tetapkan Tujuan

Seberapa jauh Anda dapat berjalan dalam 30 menit atau dalam 1 jam? Untuk mengoptimalkan kecepatan berjalan Anda, cobalah membidik 1,5 mil per 30 menit dan 3 mil per jam, yang merupakan langkah cepat sekitar 20 menit per mil.

Jika Anda tidak dapat berkomitmen untuk berjalan selama satu jam penuh atau 30 menit, lakukan apa yang Anda bisa, apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali dan dapat berkontribusi besar pada langkah harian Anda.

7. Berjalan di Tanjakan

Jika Anda berada di dalam ruangan, treadmill akan memungkinkan Anda untuk memanipulasi tanjakan Anda dan itu dapat meningkatkan pembakaran kalori saat Anda berjalan. Jika Anda berada di luar, cobalah untuk memilih daerah berbukit untuk mengoptimalkan jalan Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kemiringan dapat meningkatkan intensitas latihan sekaligus mengurangi dampak pada kaki dan persendian.

8. Berjalan dengan Seorang Teman

Sebuah asobat akuntabilitas dapat membantu Anda tetap di jalur dan membuat perjalanan harian itu tidak dapat dinegosiasikan. Cobalah untuk menemukan teman, anggota keluarga, atau rekan kerja yang akan berjalan-jalan dengan Anda beberapa kali seminggu untuk membuat Anda tetap termotivasi dan mengubah keadaan.

 

Reporter: Lianna Leticia