Sukses

Tips Mencegah Stres Bagi Ibu Hamil Selama Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Hamil saat pandemi COVID-19 bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Sebab, ibu hamil menjadi sangat was-was setiap kali ingin keluar rumah. Tentunya ibu hamil tidak hanya memikirkan kesehatan dirinya sendiri tetapi juga janin yang tengah di kandungnya.

Pandemi COVID-19 yang belum juga kunjung usai menimbulkan stres tidak terkecuali bagi ibu hamil, padahal stres yang berkepanjangan pada ibu hamil akan memberi dampak buruk pada calon bayi.

Lalu bagaimana cara mengatasi stres bagi ibu hamil selama pandemi COVID-19? berikut sedikit tips yang bisa Bumil lakukan.

1. Hindari Baca Berita Tentang COVID-19 Secara Berlebihan

Membaca berita mengenai COVID-19 bagi ibu hamil juga diperlukan untuk mendapatkan informasi, akan tetapi ibu hamil juga perlu membatasinya agar tidak menimbulkan rasa cemas berlebihan yang berujung stres.

2. Batasi Penggunaan Media Sosial

Ibu hamil perlu membatasi media sosial, karena memang tidak mungkin di media sosial terdapat berita dan kabar yang membuat ibu hamil merasa khawatir, cemas, jengkel dan marah.

Tidak hanya itu, tidak jarang juga konten-konten yang membuat ibu hamil merasa kesal dan overthinking.

3. Tidur yang Cukup

Kurang tidur bagi ibu hail bukanlah sesuatu yang baik untuk kesehatan fisik dan juga perkembangan janinnya. Bahkan kurang tidur bisa membahayakan dirinya dan juga bayi dalam kandungan.

Ibu hamil harus tidur tepat waktu dan mengurangi kegiatan melihat gadget, terutama sebelum jam tidur malam.

4. Kelola Stres Dengan melakukan hobi

Salah satu cara untuk menhindari stres bagi ibu hamil adalah dengan melakukan kegiatan yang disukainya atau hobi, melakukan hobi bisa mendatangkan kebahagian tersendiri.

Meski hanya di rumah saja, ibu hamil masih tetap melakukan hobinya seperti bermain alat musik, mendengarkan alat musik, memasak, bercocok tanam, membaca, dan lainnya.

Ibu hamil juga bisa memulai dekorasi kamar bayi impian bersama pasangan, tentu saja kegiatan ini menimbulkan kebahagian tersendiri bagi ibu hamil.

5. Jaga Pola Makan dan Olahraga

Menjaga pola makan adalah hal penting bagi ibu hamil, ibu hamil tentunya harus memperhatikan setiap makanan dan minuman yang ia konsumsi. Tentunya setiap makanan dan minuman yang Bumil konsumsi harus sehat dan memiliki gizi yang tinggi untuk janin.

begitu juga dengan olahraga, olahraga yang teratur juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental ibu hamil. Ibu hamil juga memilih olahraga ringan seperti yoga atau melakukan mediatasi.

 

 

2 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: