Sukses

Bermanfaat untuk Fungsi Organ Vital, Ini yang Gejala Jika Tubuh Kurang Omega-3

Omega-3 dapat menghentikan proses yang dapat menghancurkan jaringan dan sendi, sehingga bisa mencegah terjadinya peradangan awal.

Liputan6.com, Jakarta Omega-3 merupakan salah satu lemak esensial yang paling dibutuhkan tubuh. Nah yang harus kamu tahu, meski punya manfaat untuk menjalankan fungsi organ vital, namun tubuh nggak bisa menghasilkan Omega-3 lho!

Dikutip laman Webmd, dijelaskan bahwa omega-3 mengandung nutrisi penting untuk mencegah dan mengelola penyakit jantung. selain itu, asam lemak ini juga memperlambat perkembangan plak di arteri, mengurangi trigliserida, serta mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke. 

Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan Omega-3, American Heart Association (AHA) merekomendasikan agar setiap orang makan ikan berlemak, setidaknya dua kali seminggu. Misalnya ikan salmon, sarden, atau pun yang tinggi asam lemak Omega-3. 

Biji-bijian, sayuran, produk susu dan telur juga dapat mencukupi kebutuhan Omega-3 yang dibutuhkan tubuh. Lalu jika tubuh kekurangan Omega-3, apa yang akan terjadi? Ada beberapa gejalanya, seperti: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sulit Berkonsentrasi

Tanda tubuh kamu kekurangan Omega-3 yang umum dirasakan adalah sulit berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas. Dibandingkan dengan orang yang telah memenuhi asupannya dengan Omega-3 setiap hari, mereka lebih mudah berkonsentrasi atau bahkan tingkat konsentrasinya meningkat. Oleh karena itu, Omega-3 sangat dibutuhkan bagi kamu yang memiliki keluhan nyeri sendi.

 

3 dari 4 halaman

Mudah Lelah

Banyak penyebab orang menjadi lelah. Namun bila kamu terlalu sering mengalami lelah, itu menandakan kamu kurang mendapat asupan Omega-3 pada tubuh. Omega-3 ini sangat baik dalam hal memberikan energi pada tubuh.

Nyeri Sendi

Asam lemak omega-3 yang berasal dari minyak ini merupakan salah satu sumber antiinflamasi atau antiperadangan yang sangat kuat. Omega-3 ini dapat menghentikan proses yang dapat menghancurkan jaringan dan sendi, sehingga bisa mencegah terjadinya peradangan awal.

 

4 dari 4 halaman

Kuku Rapuh

 

Bila kamu mendapati kondisi kuku menjadi lunak, mudah mengelupas, dan rapuh, ini merupakan tanda dari tubuh kamu kekurangan Omega-3. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam penelitian yang menunjukkan bahwa Omega-3 dari sumber hewani seperti minyak ikan lebih mudah diserap tubuh dibandingkan omega-3 dari tanaman.

Rambut Kering

Omega-3 kerap ditemukan pada folikel rambut, tepatnya terletak di membran sel di kulit kepala dan pada minyak di rambut yang membuat rambut tetap terhidrasi. Selain itu, asam lemak Omega-3 juga berguna untuk membantu pertumbuhan rambut. Maka dari itu, hal yang perlu kamu perhatikan adalah untuk mengonsumsi lemak Omega-3, untuk mendapatkan rambut yang sehat. 

Kulit Kering

Salah satu rahasia kulit sehat adalah lemak Omega-3 yang ditemukan secara alami pada struktur dinding sel. Semakin kekurangan lemak ini, maka akan semakin kering kulitmu. Selain itu, Omega-3 ini membantu kulit menyerap nutrisi sehat dan mengeluarkan produk limbah yang berbahaya dalam tubuh.

Nah, selain dari makanan, kamu bisa mendapatkan vitamin Omega-3 dari suplemen makanan. Rekomendasi memilih asam lemak esensial ini, dengan memilih produk yang mengusung penggunaan rempah tradisional sebagai obat. 

Selain itu, pilihlah yang produk suplemen makanan yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan Konvensi Inspeksi Farmasi-Pharmaceutical Inspection Convention internasional dan standar praktek manufaktur barang Skema Kerjasama Inspeksi Famasi-Pharmaceutical Inspection Co-operation Scheme (PIC/s).

So, lets #BeAWellBeing!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.