Sukses

Luhut: Peningkatan Kasus COVID-19 Didominasi Varian Delta

Luhut B. Panjaitan sampaikan peningkatan kasus COVID-19 didominasi varian Delta.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, peningkatan kasus COVID-19 yang terjadi saat ini didominasi varian Delta. Terlebih lagi Indonesia mencetak rekor penambahan kasus tertinggi pada 14 Juli 2021, yang mencapai 54.517 kasus baru COVID-19.

Adanya kenaikan kasus harian COVID-19 pun ramai disoroti publik, yang mana saat ini Pemerintah tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) di Jawa Bali dan luar Jawa Bali.

"Begitu kita masuk dengan peningkatan kasus COVID-19, dominiasi oleh varian Delta. Hampir semua di wilayah Jawa didominasi varian Delta, yang kecepatan penularan sekitar 6 kali lebih cepat dari varian Alpha--yang dihadapi saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 1 dan PSBB 2," papar Luhut Panjaitan saat memberikan perkembangan PPKM Darurat, Kamis (15/7/2021).

"Jadi, kita (sekarang) menghadapi musuh yang beda. Dengan segala sumber daya manusia, kita hadapin ini semua, tapi tidak mudah."

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Varian Delta Menerpa Sejumlah Negara

Peningkatan kasus COVID-19 akibat varian Delta, menurut Luhut B. Panjaitan, tidak hanya menerpa Indonesia. Sejumlah negara lain juga mengalami serupa, seperti Inggris, Belanda, dan Amerika Serikat.

"Jangan kita melihat bahwa Indonesia saja yang kena (peningkatan kasus akibat varian Delta). Inggris juga kena, Belanda kena. Bahkan Perdana Menteri Belanda kemarin minta maaf karena dia menyetujui lepas masker beberapa waktu yang lalu, sekarang kasus di sana naik," jelasnya.

"Sama juga seperti di Malaysia. Thailand juga naik. AS sekarang juga terjadi kenaikan luar biasa akibat varian Delta yang tidak bisa dikendalikan."

3 dari 4 halaman

Tembus Rekor 54.517 Jadi Angka Tertinggi

Luhut B. Panjaitan pun tak menampik, adanya kenaikan kasus harian nasional mencapai 54.517 pada 14 Juli 2021 termasuk tertinggi.

"Saya kira menjadi angka yang tertinggi dan bisa saja ini masih naik. Tapi kita berharap dapat terkendali. Ini melihat masalah inkubasinya varian Delta antara 14-21 hari. Jadi, kita lihat," lanjutnya.

"Tentu kita harus melihat ini semua. Kalau kita lihat, saat PSBB 1, PSBB 2, PPKM Mikro, semua kasus aktif sebenarnya naik, tapi masih terkendali."

4 dari 4 halaman

Infografis Awas Kecolongan 10 Titik Lengah Rawan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.