Sukses

Pagi atau Malam, Kapan Waktu Terbaik Periksa Tekanan Darah di Rumah?

Memeriksa tekanan darah merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol kesehatan. Namun kapan sebaiknya memeriksa tekanan darah di rumah?

Liputan6.com, Jakarta Memeriksa tekanan darah merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol kesehatan. Namun, kapan sebaiknya memeriksa tekanan darah di rumah?

Menurut ahli jantung dan pembuluh darah Badai Bhatara Tiksnadi, sebaiknya seseorang memastikan waktu yang tepat sebelum memeriksa tekanan darah. Bukan soal pagi atau malam melainkan kondisi ketika akan memeriksa tekanan darah.

"Sebelum memeriksa tekanan darah, pastikan dulu beristirahat sejenak jika sebelumnya bepergian, tidak merokok sebelumnya, tidak memikirkan utang, tidak sedang mengobrol, juga tidak sedang melihat berita yang membuat stres," kata Badai dalam acara virtual media briefing bertajuk Hipertensi, COVID-19 dan Milenial, ditulis Sabtu (4/6/2021).

Hal tersebut, kata Badai, sangat mempengaruhi tekanan darah. Untuk itu ia menyarankan agar Anda untuk rileks sebelum cek tekanan darah.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penggunaan Alat Tes Tekanan Darah

Badai juga sempat menyinggung penggunaan alat tes tekanan darah, apakah lebih baik manual yang menggunakan air raksa atau digital.

"Sebetulnya keduanya sama saja, hanya penggunaan alat air raksa kini mulai jarang digunakan karena memiliki efek kurang baik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Sedangkan digital pun perbedaannya hanya sedikit dan tidak bermakna klinis," ujarnya.

WHO telah menetapkan standar tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah kurang dari 120/80 mmHg. Angka 120 mmHg menunjukkan tekanan sistolik, yaitu tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara angka 80 mmHg menunjukkan tekanan diastolik, yaitu tekanan saat otot jantung relaksasi dan menerima darah yang kembali dari seluruh tubuh.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada di atas 130/80 mmHg. Sedangkan hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg.

3 dari 3 halaman

Infografis Donor Darah Aman Saat Pandemi Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini