Sukses

15 Pemudik Lebaran 2021 di Jabar Terpapar COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan sebanyak 15 pemudik Lebaran 2021 dinyatakan terpapar COVID-19. Itu merupakan hasil dari tes paparan COVID-19 di beberapa posko penyekatan mudik yang ada.

Menurut Ridwan Kamil, perkiraan penyebaran COVID-19 oleh pemudik Lebaran 2021 ini terbukti. Sebelumnya, otoritasnya telah menerbitkan larangan perjalan mudik guna menahan laju pertumbuhan paparan COVID-19 di daerah lain.

"Menunjukan bahwa teori kita betul. Kalau dilepas begitu saja, ada sekian persen yang terpapar COVID-19, nanti kasihan orang tua - orang tua yang didatangi oleh mereka - mereka yang terpapar COVID tadi," ujar Ridwan Kamil di Posko Polisi Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin, 10 Mei 2021.

Untuk itu Ridwan Kamil mengimbau kepada seluruh kelompok masyarakat untuk menghindari dampak yang berbahaya. Meski mudik untuk bertemu dengan orang tua dan keluarga lainnya merupakan tindakan mulia.

Ridwan Kamil mengatakan dengan menghindari dampak yang membahayakan ini, merupakan salah satu cara meminimalisir paparan COVID-19 di Jawa Barat. Ridwan Kamil berharap dengan tuntasnya pandemi ini, maka di tahun mendatang perjalan mudik dapat dilaksanakan kembali.

"Kepolisian juga sudah menahan beberapa provokator secara online perlawanan yang melanggar aturan terkait Undang - undang Kesehatan, Kekarantinaan yang menjadi patokan kenapa kita melakukan pelarangan mudik," kata Ridwan Kamil.

 

2 dari 4 halaman

Penanganan Pandemi Harus Dilakukan Seluruh Masyarakat

Ridwan Kamil menyebutkan dalam menangani pandemi ini harus dilakukan oleh seluruh kelompok masyarakat. Saat ini, garda terdepan penanganan paparan COVID-19 diemban oleh petugas gabungan yaitu polisi, dinas perhubungan, tentara, Satpol PP dan Dinas Kesehatan.

Mereka bertugas penuh di posko penyekatan dan pelarangan mudik, agar paparan COVID-19 tidak meluas ke daerah lain. Caranya adalah dengan menyortir kendaraan yang melintas dan diduga melakukan perjalanan mudik Lebaran 2021.

"Ini kan udaranya panas ya, mereka - mereka bertugas siang dan malam. Nggak ada berhentinya, kami dukung lahir dan batin, moril, logistik dan lainnya. Mudah - mudahan mereka yang berkorban ini, dibalas jasa dan bela negaranya secara setimpal," tukas Ridwan Kamil. (Arie Nugraha)

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini