Sukses

Ada Infeksi, Pangeran Philip Jalani Operasi Jantung di Usia 99

Suami Ratu Elizabeth II Pangeran Philip telah berhasil menjalani prosedur jantung di rumah sakit khusus perawatan jantung, St. Bartholomew's, London, Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Suami Ratu Elizabeth II Pangeran Philip telah berhasil menjalani prosedur operasi jantung di rumah sakit khusus perawatan jantung, St. Bartholomew's, London, Inggris. Philip menjalani rawat inap sejak masuk RS King Edward VII, London, pada 16 Februari lalu karena adanya infeksi.

Pada Kamis (4/3/2021), pihak Istana Buckingham menyebut Pangeran Philip yang berusia 99 tahun itu akan tetap berada di rumah sakit selama beberapa hari untuk pemulihan.

“Yang Muila akan tetap berada di rumah sakit untuk perawatan, beristirahat dan pemulihan dalam beberapa hari,” kata istana seperti yang dikutip dari VOA Indonesia.

Menantu Philip, istri Pangeran Charles, Camilla, Duchess of Cornwall, mengatakan kondisi Philip telah sedikit membaik.

Simak juga video berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Terkait dengan COVID-19

Penyakit Philip diyakini tidak berhubungan dengan infeksi COVID-19. Ia telah divaksin pada Januari lalu, begitu pula dengan Ratu Elizabeth.

Sebelum diopname, Philip bersama dengan Ratu mengisolasi diri di Puri Windsor, di sebelah barat London.

Philip memiliki riwayat gangguan jantung pada masa lalu. Pada 2011, Philip pernah dilarikan ke rumah sakit dengan helikopter setelah mengalami nyeri dada. Ia pun dirawat karena adanya penyumbatan pada arteri koroner. 

Philip yang juga dikenal sebagai Duke of Edinburgh merupakan pendamping ratu yang terlama dalam sejarah Inggris. Ia menikah dengan Elizabeth pada 1947 dan memiliki empat anak. Ia kemudian dikaruniai delapan cucu dan sembilan buyut.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.