Sukses

Target Indonesia Kendalikan COVID-19 17 Agustus 2021, Ini Langkah Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta Mengenai target 17 Agustus 2021 Indonesia mengendalikan COVID-19, ada beberapa langkah percepatan yang dilakukan Pemerintah. Langkah percepatan ini termasuk bagian dalam pengendalian pandemi COVID-19 yang saat ini digencarkan.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, butuh partisipasi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia mampu mengendalikan COVID-19.

"Pada prinsipnya, pengendalian penularan virus Corona yang terjadi pada masyarakat merupakan hal yang penting untuk dilakukan, sehingga pandemi COVID-19 betul-betul bisa terkendali," jelas Wiku saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Kamis, 18 Februari 2021.

"Pengendalian dilakukan dengan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dan disiplin protokol kesehatan.

Upaya pendeteksian secara dini kasus COVID-19 juga dilakukan melalui penguatan 3T (testing, tracing, treatment) dan efektivitas peran Posko COVID-19 yang tersebar sampai desa dan kelurahan.

"Untuk mendetekesi, Pemerintah melakukan pengetatan PPKM agar mencegah infeksi COVID-19. Lalu penguatan 3T di tingkat posko desa dan kelurahan, yang juga melibatkan TNI-Polri," terang Wiku.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Vaksinasi Nasional Menuju Indonesia Kendalikan COVID-19

Penguatan 3T juga bertujuan meningkatkan kesembuhan dan menurunkan angka kematian. Pemerintah turut memastikan ketersediaan fasilitas kesehatan agar pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan tertangani dengan baik.

"Upaya 3T ini supaya angka kesembuhan meningkat dan angka kematian dapat menurun. Pemerintah juga terus berupaya memastikan ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan, sehingga pelayanan yang diberikan kepada pasien dapat dilakukan secara maksimal," imbuh Wiku.

Langkah yang penting menuju target Indonesia kendalikan COVID-19 pada 17 Agustus 2021 adalah akselerasi program vaksinasi nasional yang sekarang sedang dilakukan dan memasuki tahap kedua. Tahap pertama, sasaran vaksinasi terhadap tenaga kesehatan.

Tahap kedua vaksinasi menyasar petugas pelayanan publik dan lansia.

"Melalui program vaksinasi nasional diharapkan dapat terbentuk kekebalan komunitas (herd immunity), sehingga semakin banyak masyarakat yang terlindungi dari COVID-19," ucap Wiku.

Target Indonesia bisa mengendalikan  COVID-19 tepat perayaan Hari Kemerdekaan RI dikemukakan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo saat Rapat Koordinasi Satgas COVID-19 pada 14 Februari 2021.

""Target kita adalah pada perayaan 17 Agustus yang akan datang, kita bebas dari COVID-19. Artinya, COVID-19 betul-betul dalam posisi bisa dikendalikan," kata Doni. (Selengkapnya: Doni Monardo Targetkan 17 Agustus 2021 Indonesia Bisa Kendalikan COVID-19)

3 dari 4 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: