Sukses

Crazy Rich Helena Lim Ikut Vaksinasi COVID-19, Dinkes DKI: Mereka Bekerja di Apotek

Alasan Helena Lim bisa melakukan vaksinasi COVID-19 lantaran disebut bekerja di apotek.

Liputan6.com, Jakarta - Selebritis Instagram yang dijuluki Crazy Rich Pantai Indah Kapuk, Helena Lim, mendadak jadi buah bibir setelah dia 'ketahuan' melakukan vaksinasi COVID-19.

Berdasarkan video yang berasal dari fitur Instagram stories akun @helenalim899, Helena Lim diketahui melaksanakan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Helena tidak sendiri. Masih dari video yang viral tersebut, selebgram yang menyebut dirinya sebagai pecinta fesyen (fashion lover) dan anggota McLaren Club Indonesia, mengantre untuk vaksinasi bersama tiga orang koleganya. 

Tim Health Liputan6.com mencoba menghubungi Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti dan Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko untuk mengonfirmasi terkait kehebohan Helena Lim divaksinasi. Namun, tak ada respons.

Ketika menghubungi Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, salah seorang petugas, mengatakan,"Terkait hal itu nanti kepala langsung yang mengklarifikasi.".

Sementara Dr Heludi dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon hanya menjawab,"Nggak semuanya kita tahu. Kami coba telusuri apakah memang benar.".

Jawaban mengenai kehebohan tersebut akhirnya terungkap dari Kasudin Kesehatan Jakarta Barat, Kristi Wartini. Dikutip dari News Liputan6.com pada Senin malam, 8 Februari 2021, Kristi menyebut bahwa Helena Lim beserta keluarga termasuk ke dalam kategori orang yang memeroleh prioritas vaksin COVID-19.

Kristi, menyebut, seluruh orang yang terlihat di dalam video membawa surat keterangan bekerja di apotek sebagai penunjang.

"Mereka masing-masing membawa surat keterangan bekerja di apotek. Dan, apotek merupakan salah satu sarana kefarmasian yang masuk dalam prioritas pertama," kata Kristi.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Helena Lim Vaksinasi COVID-19 Biar Bisa Jalan-Jalan?

Tim Health Liputan6.com mengetahui video Helena Lim mengantre untuk vaksinasi COVID-19 melalui salah satu unggahan Instagram stories dokter spesialis penyakit dalam, RA Adaninggar Primadia Nariswari.

Dokter yang juga penyintas COVID-19 dan kerap berbagi informasi penting mengenai Virus Corona di akun Instagram pribadinya, @ningzsppd, menggunggah video Helena Lim pada Senin siang, 8 Februari 2021.

"Ngapain tuh," tanya Helena Lim kepada seorang wanita berambut pendek yang berada di sampingnya.

"Antre vaksin," wanita itu menjawab sambil menunjukkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Sama," kata pria berkacamata yang duduk di Helena Lim menimpali. Pria tersebut juga memerlihatkan fotokopi KTP dan nomor urut.

Menurut Helena Lim seperti yang terdengar di dalam video, vaksinasi COVID-19 sebagai salah satu syarat untuk bebas berpergian di tengah pandemi Virus Corona.

"Habis vaksin kita bisa ke mana-mana ya. Semoga vaksinnya berhasil, ada vaksin semuanya aman," ucap Helena Lim di video tersebut.

Pada scene berikutnya, Helena Lim memerlihatkan nomor antrean. Terlihat dia mendapatkan nomor urut 11.

Helena juga mengabadikan seorang tenaga kesehatan yang menyuntikan vaksin Corona di lengan bagian atas. Begitu pun ketika selesai divaksinasi, Helena Lim bersama seorang temannya menunjukan bekas suntikan tersebut.

"Kita sudah vaksin yang pertama, dua minggu lagi kita vaksin yang kedua," ucap Helena Lim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.