Sukses

LIPI Hibahkan Produk Alat Sterilisasi Canggih untuk RS Hasan Sadikin

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghibahkan produk riset alat sterilisasi virus penyebab COVID-19, yaitu Robot Otonom Multiguna 2020 (ROM20) dan Simple- Smart UV-C Sanitizer (Si-SUSan), kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung (RSHS).

Liputan6.com, Bandung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghibahkan produk riset alat sterilisasi virus penyebab COVID-19, yaitu Robot Otonom Multiguna 2020 (ROM20) dan Simple- Smart UV-C Sanitizer (Si-SUSan), kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung (RSHS) Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya, pada Juli 2020 LIPI juga telah menyerahkan Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula- 01 (GLP HFNC-01), yaitu produk alat terapi oksigen beraliran tinggi yang pertama di Indonesia ke RSHS. Saat ini GLP HFNC-01 diklaim telah banyak digunakan untuk membantu penyembuhan pasien COVID-19 di beberapa rumah sakit lainnya di Indonesia.

“Dua di antara sekian produk riset COVID-19 yang dihasilkan adalah ROM20 dan Si-Susan. Keduanya merupakan hibah LIPI-KemenristekBRIN melalui Program Bakti Inovasi bagi RSHS sebagai bentuk kepedulian LIPI terhadap para tenaga medis yang terus bekerja menangani para pasien COVID-19,” ujar Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono, dalam keterangan resminya.

Pandemi COVID-19 membuat LIPI mengalihkan fokus risetnya untuk penanganan kondisi ini. Bahkan beberapa hasil riset tersebut, telah berhasil mendapatkan lisensi dan dikomersialkan.

Peneliti Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI, Hendri Maja Saputra menjelaskan Robot Otonom Multiguna 20 (ROM20) merupakan alat sterilisasi yang dilengkapi dengan tiga buah subsistem multiguna yang bersifat modular, yaitu subsistem lampu UV-C, subsistem penyemprot disinfektan, dan subsistem panel penghangat makanan.

"ROM20 dapat dikendalikan dengan menggunakan wireless remote dan modul bluetooth dari perangkat gawai dengan jarak kendali hingga 23 meter, dilengkapi roda yang bisa bergerak ke banyak arah, serta berkemampuan menghindari rintangan dan mengikuti garis lajur," kata Hendri yang juga koordinator riset ROM20.

Hendri menambahkan sedangkan Si-Susan atau Simple Smart UV-C Sanitizer adalah perangkat sterilisasi ruang portable menggunakan sinar UV-C yang dikendalikan untuk sterilisasi virus COVID-19. Si-Susan dioperasikan dengan menggunakan aplikasi berbasis android.

 

 

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hibah Tercanggih

Menanggapi hibah dari LIPI, Direktur Utama RSHS Bandung Nina Susana Dewi mengungkapkan bahwa ROM20 dan Si-Susan adalah alat tercanggih yang RSHS terima dari hibah sejauh ini.

“Kehadiran ROM20 dan Si-Susan akan sangat membantu efektivitas dan efisiensi para petugas RSHS, terlebih di tengah meningkatnya jumlah pasien konfirmasi yang memenuhi ruangan – ruangan khusus perawatan COVID-19,” sebut Nina.

Perang melawan pandemi COVID-19 masih terus berlangsung hingga hari ini. Kendati vaksin telah mulai didistribusikan, namun perawatan bagi para pasien terkonfirmasi terus berjalan.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.