Sukses

Jokowi: Vaksin COVID-19 Gratis, Tidak Ada Alasan Masyarakat Tidak Divaksin

Jokowi mengatakan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat Indonesia gratis alias tidak dikenakan biaya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat Indonesia gratis alias tidak dikenakan biaya.

"Dapat saya sampaikan vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenai biaya," kata Jokowi dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 16 Desember 2020.

Penggratisan vaksin COVID-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia diputuskan Jokowi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat. Lalu, setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan ulang mengenai keuangan negara maka vaksin COVID-19 bakal gratis.

Orang nomor satu di pemerintahan Indonesia ini juga menginstruksikan ke jajaran kabinet, lembaga dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan vaksinasi pada anggaran 2021.

"Dan, menginstruksikan Menteri Keuanganan untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran terkait vaksinasi gratis ini," katanya.

"Sehingga tidak ada alasan masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,"Jokowi menegaskan.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksin COVID-19 Gratis Agar Herd Immunity Tercapai

Sebelumnya, pemerintah lewat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengamengungkapkan bahwa untuk mencapai cakupan 67 persen kebutuhan vaksin COVID-19 akan terdiri dari dua skema yaitu 30 persen vaksin program dan 70 persen vaksin mandiri.

Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan dalam Rapat Kerja bersama dengan Komisi IX DPR RI pada Kamis, 10 Desember 2020.

Namun, dengan adanya kebijakan baru yang disampaikan Presiden Jokowi, maka vaksinasi COVID-19 di Indonesia gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.