Sukses

Gagal Operasi Implan Payudara, Gadis 19 Tahun Meninggal Dunia

Gagal dalam prosedur implan payudara, seorang gadis usia 19 tahun asal Thornton, Colorado, AS meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Gagal dalam prosedur implan payudara, seorang gadis usia 19 tahun asal Thornton, Colorado, AS meninggal dunia. Sebelumnya, dia mengalami koma selama 14 bulan.

Emmalyn Nguyen menjalani operasi implan payudara pada 1 Agustus 2019. Next Shark melaporkan, alih-alih berhasil, operasi tersebut gagal dan akhirnya Nguyen pun koma selama 14 bulan. Gadis itu kemudian meninggal pada 4 Oktober 2020.

Menurut pengacara keluarganya, David Woodruff, Nguyen mengalami pneumonia pada 2 Oktober 2020 saat berada di ruang perawatannya di rumah. Menurut laporan CBS Denver, Nguyen juga mengalami serangan jantung beberapa kali dalam waktu 24 jam.

Usai kematian putrinya, orangtua Nguyen kemudian mengajukan gugatan kepada dokter Geoffrey Kim dan dokter anestesi Rex Meeker, CRNA di Colorado Aesthetic and Plastic Surgery di Greenwood Village. Menurut sang pengacara, gagalnya operasi implan payudara tersebut telah membuat Nguyeng mengalami cedera otak katastropik.

 

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menabung 6.000 Dollar AS untuk Implan Payudara

Next Shark melaporkan, saat itu Nguyen berusia 18 tahun pada saat menjalani operasi pembesaran payudara tersebut. Demi implan payudara, Nguyen telah menabung untuk mengumpulkan uang hingga 6.000 dollar AS untuk biaya operasi tersebut.

Sementara itu, Woodruff mengatakan Meeker meninggalkan Nguten sendirian selama 15 menit setelah menyuntikkan anestesi sebelum operasi dilakukan. Seorang suster kemudian masuk untuk memeriksa Nguyen. Namun, suster tersebut menemukan Nguyen dalam keadaan yang sudah membiru.

"Gadis itu menghabiskan waktu 5 jam di meja operasi dimana dia mengalami dua kali serangan jantung dan kerusakan otak, sementara sang ibu, Lynn Fam, duduk di ruang tunggu (rumah sakit). Ibunya bilang dokter tidak membolehkannya menengok sang anak (usai operasi)," kata Woodruff.

Tim medis kemudian menghubungi 911 dan Meeker mengatakan Nguyen tidak sadarkan diri.

"Dia tidak sadarkan diri. Kami sudah memeriksanya. Kami mengestimasi nilai Glasgow 6 atau 7," kata Meeker. Ini mengindikasikan pasien pingsan.

Tim medis kemudian sampai di klinik dan melakukan CPR pada Nguyen. Namun, gadis tersebut tidak kunjung sadar, hingga akhirnya meninggal usai mengalami koma selama 14 bulan.

(Karla Farhana/Fimela.com)

3 dari 3 halaman

Infografis Cek COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.