Sukses

Jaga Imunitas di Masa Pandemi, Ini 6 Imbauan Pakar untuk Penyandang Obesitas

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan penyandang obesitas untuk menjaga kesehatannya di masa pandemi

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kelompok yang rentan mengalami gejala berat dari COVID-19, orang dengan obesitas harus benar-benar menjaga kesehatannya di masa pandemi seperti saat ini.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Jawa Barat Gaga Irawan Nugraha memberikan imbauan dan tips bagi para penyandang obesitas agar tetap sehat di masa pandemi.

1. Makan Teratur Tiga Kali Sehari

Dalam dialog dari Graha BNPB beberapa waktu lalu, ditulis Senin (12/10/2020), yang harus dijaga pertama kali adalah pola makan. Gaga mengatakan, mereka yang memiliki berat badan berlebih diimbau untuk makan teratur tiga kali sehari.

"Nasi boleh, jagung boleh, kentang, dan lauk pauknya, ada protein hewani, protein nabati, dan sayuran," kata Gaga.

Ia mengatakan, makan teratur tiga kali sehari dengan waktu yang tetap, maka akan menghambat keinginan untuk mengonsumsi camilan.

"Makan utama tiga kali juga membuat kita terjaga kebutuhan nutrisi utamanya."

Menurut Gaga, dengan makan teratur tiga kali sehari, lebih dari 80 persen kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh sudah terpenuhi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan Buah Mengandung Banyak Air

2. Berhenti Konsumsi Gula dan Tepung, Perbanyak Buah Berair

Gaga mengimbau agar orang dengan obesitas berhenti mengonsumsi gula, makanan manis, dan berbagai jenis tepung. Sebagai gantinya, konsumsilah buah-buahan yang mengandung banyak air.

"Jadi bukan pisang, bukan durian," ujarnya.

Menurut Kerry Lestari Dandan, Wakil Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis PP Ikatan Apoteker Indonesia, pada kesempatan yang sama, untuk mendapatkan rasa manis, Anda boleh menggunakan stevia.

"Pilih saja makanan atau minuman yang manis, tetapi tidak mengandung gula," kata Kerry.

3. Konsumsi Bumbu atau Minuman yang Baik untuk Kesehatan

Gaga mengatakan, Anda bisa menggunakan bumbu atau mengonsumsi minuman yang terbukti berguna bagi kesehatan seperti teh hijau atau rimpang seperti jahe.

Menurut Kerry, teh hijau atau oolong tea memiliki antioksidan yang tinggi sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengendalikan berat badan.

 

3 dari 4 halaman

Tetap Aktif dan Istirahat Cukup

4. Tetap Aktif

Jagalah tubuh agar tetap aktif meski lebih banyak berkegiatan di dalam rumah. "Minimal 30 menit dalam sehari, sekali berolahraga, dalam sehari harus terus bergerak tanpa berhenti," kata Gaga.

5. Jangan Begadang

Gaga juga mengimbau agar orang dengan obesitas tidur yang cukup dan menghindari begadang. Ia mengatakan bahwa istirahat dengan baik dapat menjaga daya tahan tubuh.

6. Hindari Rokok

Terakhir, Gaga meminta agar masyarakat menghindari perilaku yang tidak sehat seperti mengisap rokok atau vape. "Sebaiknya berhenti," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.