Sukses

Doni Monardo Resmikan Gedung Layanan COVID-19 RSUD Biak sebagai RS Rujukan

Doni Monardo meresmikan gedung layanan COVID-19 di RSUD Biak sebagai RS Rujukan COVID-19.

Liputan6.com, Biak Numfor Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo baru meresmikan Pembangunan Gedung Pelayanan COVID-19 di RSUD Biak sebagai RS Rujukan COVID-19 di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Ia berharap adanya rumah sakit rujukan menjadi strategi baru dan mendorong upaya penanganan COVID-19 di Kabupaten Biak Numfor.

“Melalui peresmian RS Rujukan COVID-19 ini, diharapkan dapat menjadi strategi baru dalam upaya memutus mata rantai penularan COVID-19,” kata Doni saat meninjau RS Rujukan COVID-19 di Biak, Numfor, Kamis (9/10/2020).

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengapresiasi, perhatian pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mendukung kebutuhan fasilitas kesehatan guna memaksimalkan upaya penanganan COVID-19 di Kabupaten Biak Numfor.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Presiden Republik Indonesia melalui amanahnya kepada BNPB, Kementerian Kesehatan serta Kementerian PUPR dalam menyelesaikan pembangunan RS Rujukan COVID-19 di Kabupaten Biak Numfor,” jelas Herry.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampung 50 Pasien

Pengoperasian untuk RS Rujukan COVID-19 di Biak Numforini menampung pasien dari Kabupaten Biak Numfor juga menerima pasien yang ada di wilayah Papua.

“Rumah sakit ini dapat menanggung 50 pasien dengan (rincian) 40 pasien fasilitas karantina dan 10 pasien dengan fasilitas Intensive Care Unit (ICU)," lanjut Herry sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Kami tidak hanya menerima pasien dari Kabupaten Biak Numfor saja, tetapi juga terbuka untuk pasien Provinsi Papua."

3 dari 4 halaman

Patuh Protokol Kesehatan

Doni juga mengajak pemerintah daerah Kabupaten Biak Numfor menekankankan pentingnya edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Ini sebagai upaya pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Dalam penanganan COVID-19, tidak bisa hanya mengandalkan pendekatan medis saja, peran masyarakat sebagai garda terdepan menjadi bagian paling penting dan utama dalam upaya pencegahan," imbuh Doni yang juga Kepala BNPB.

“Mari kembali mengajak masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan, karena penanganan COVID-19 tidak hanya cukup dengan pendekatan medis saja, butuh peran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan menjadi hal yang sangat penting."

4 dari 4 halaman

Bantuan Penanganan COVID-19

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dan jajaran akan terus meningkatkan sinergitas dengan tokoh masyarakat serta tokoh adat dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Walaupun kasus COVID-19 kian meningkat, namun angka kesembuhan di Kabupaten Biak Numfor juga semakin meningkat," kata Herry.

"Kami selalu meningkatkan sinergitas bersama para tokoh masyarakat dan tokoh adat dalam memberikan pemahaman penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat sebagai senjata utama kita dalam melawan COVID-19."

Kehadiran Satgas Penanganan COVID-19 dan BNPB untuk memberikan dukungan lain kepada Pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk penanganan COVID-19 berupa tiga unit ventilator, 100 unit hospital bed, 5.000 unit face shield, 15.000 Alat Pelindung Diri (APD) 10.000 masker N95, dan 200.000 masker kain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.