Sukses

IDI: Pemeriksaan PCR Rutin Tekan Risiko Penularan COVID-19 pada Tenaga Kesehatan

IDI juga mendukung adanya dukungan dari Satgas COVID-19 berupa pemeriksaan PCR gratis bagi tenaga kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, pemeriksaan PCR secara rutin bagi tenaga kesehatan sangat penting untuk menekan risiko penularan COVID-19 pada mereka.

Dalam dialog dari Graha BNPB, Jakarta, Ketua Umum PB IDI Daeng M. Faqih juga mengatakan bahwa pemeriksaan PCR penting untuk melindungi tenaga kesehatan dari COVID-19, selain Alat Pelindung Diri (APD).

"Alhamdulillah, untuk proses perlindungan, Satgas sebagai pemerintah juga sudah berdiskusi dengan kami dan Alhamdulillah akan melakukan pemeriksaan PCR ke petugas kesehatan secara gratis," kata Daeng pada Selasa kemarin, dikutip Rabu (23/9/2020).

Daeng mengatakan, tes PCR gratis tersebut telah berjalan dan mendapatkan apresiasi dari para dokter ketika disampaikan.

"Kami memang berharap dengan terperiksanya secara rutin PCR pada petugas kesehatan akan menekan risiko yang serendah-rendahnya proses penularan karena kita banyak tahu di lapangan, penularan di petugas kesehatan ini tinggi," ujarnya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Risiko Tinggi pada Tenaga Kesehatan

Menurut Daeng, perlindungan pada tenaga kesehatan sangatlah penting mengingat mereka secara langsung bersentuhan dengan pasien COVID-19. Sehingga, risiko penularan pun sangat tinggi.

Meski pemeriksaan PCR gratis bagi tenaga kesehatan baru dilakukan di Jabodetabek, namun Daeng berharap agar tes tersebut bisa dilakukan juga di wilayah lain, terutama yang memiliki kasus COVID-19 tinggi.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Satgas dalam memberikan support," ujarnya.

Selain pemeriksaan PCR, Daeng juga memberikan apresiasinya pada pemerintah atas bantuan APD yang selama ini telah berjalan. Ia berharap agar dukungan tersebut akan tetap berlanjut.

3 dari 3 halaman

Infografis Dokter Berguguran di Medan Tempur Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.