Sukses

Satgas: 72 Persen Pasien COVID-19 di Indonesia Dinyatakan Sembuh

Reisa juga mengungkapkan bahwa di pekan ketiga bulan September, jumlah pasien COVID-19 yang telah menyelesaikan isolasi meningkat dibandingkan pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta Dokter Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 menyebutkan bahwa lebih dari 72 persen pasien COVID-19 telah dinyatakan sembuh.

"Total jumlah pasien sembuh sejak Maret 2020 hingga saat ini sudah lebih dari 180 ribu orang, artinya lebih dari 72 persen pasien positif COVID-19 di Indonesia (sudah) sembuh," kata Reisa dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin kemarin, dikutip Selasa (22/9/2020).

Reisa juga mengungkapkan bahwa di pekan ketiga bulan September, jumlah pasien yang telah menyelesaikan isolasi meningkat dibandingkan pekan lalu.

Reisa mengatakan, peningkatan kesembuhan pasien COVID-19 ini juga tak lepas dari efektifnya terapi pengobatan yang diberikan oleh para tenaga kesehatan di Indonesia.

"Ini berarti, terapi yang diterapkan oleh para tenaga medis di Indonesia efektif," kata Reisa. "Mulai dari pemberian obat yang menekan infeksi virus di tubuh pasien, mempercepat masa penyembuhan, mengurangi risiko kematian, termasuk juga menguatkan imunitas tubuh pasien baik melalui kombinasi obat yang optimal, maupun asupan gizi yang seimbang."

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data COVID-19 di Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Reisa pun mengucapkan terima kasihnya kepada para dokter, perawat, tenaga laboratorium, ahli farmasi, dan ahli gizi, serta tenaga kesehatan lainnya.

"Karena kerja keras teman-teman semua, banyak saudara kita yang sudah kembali sehat," katanya.

Berdasarkan data di laman Satgas Penanganan COVID-19, hingga Senin sore kemarin, kasus konfirmasi positif COVID-19 yang tercatat di Indonesia mencapai 248.852.

Sebanyak 180.797 telah dinyatakan sembuh atau sebanyak 72,7 persen dari kasus terkonfirmasi. Sementara, 58.378 kasus masih dinyatakan sebagai kasus aktif.

Selain itu, secara keseluruhan, terdapat 9.677 kasus meninggal dunia dengan status positif COVID-19 atau 3,9 persen dari kasus terkonfirmasi.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.