Sukses

15 RS di Jawa Timur Dapat Bantuan Ventilator

Liputan6.com, Surabaya Tim Taskforce Kementerian Kesehatan menyerahkan bantuan ventilator COVID-19 ke Jawa Timur. Penerima bantuan ventilator menyasar 15 rumah sakit di Jawa Timur.

Ventilator tersebut merupakan bantuan dari USAID, yang dihibahkan ke Jawa Timur melalui Kemenkes. Kunjungan ke Jawa Timur termasuk kunjungan awal Tim Taskforce sebagaimana penugasan dari Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto untuk menangani COVID-19.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI H. M. Subuh ikut menyerahkan 26 bantuan ventilator.

"Pemerintah terus bekerja keras untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien COVID-19," ucap Subuh saat berkunjung Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo pada Rabu (16/9/2020).

"Kementerian Kesehatan berharap, pemberian alat bantu ventilator ini menjadi dukungan sekaligus motivasi bagi rumah sakit maupun Tenaga Kesehatan dalam mengurangi dan menekan angka kematian COVID-19 di Jawa Timur."

 

2 dari 4 halaman

15 Rumah Sakit Penerima Ventilator

Penyerahan 26 ventilator dilakukan secara simbolis dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada 15 rumah sakit yang mengajukan permintaan bantuan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, 15 rumah sakit di Jawa Timur yang menerima bantuan ventilator, sebagai berikut:

1. Kota Mojekerto dengan RSUD dr. Wahidin Sudirohusodo sejumlah 1 unit

2. Kota Pasuruan dengan RSUD dr. Soedarsono sejumlah 4 unit

3. Mojekorto dengan RSUD Prof. Dr. Soekandar sejumlah 2 unit

4. Pasuruan dengan RSUD Bangil sejumlah 3 unit

5. RSUD Grati sejumlah 1 unit

6. Sidoarjo dengan RSI Siti Hajar Sidoarjo sejumlah 2 unit

7. RSU Mitra Keluarga Waru sejumlah 2 unit

8. RSU Siti Khodijah sejumlah 3 unit

9. RS anwar Medika sejumlah 2 unit

10. RS Citra Medika sejumlah 1 unit

11. RS Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong sejumlah 1 unit

12. RS Aisyiah Siti Fatimah Tulangan sejumlah 1 unit

13. RS Arafah Anwar Medika sejumlah 1 unit

14. RS Al-Islam H.M Mawardhi sejumlah 1 unit

15. RS Rahman Rahim sejumlah 1 unit

3 dari 4 halaman

Bantuan Ventilator Tahap Ketiga

Sebelumnya, ada penyerahan bantuan tahap pertama yang telah Dilakukan di Bakorwil Pamekasan pada 14 September 2020 dengan penerima tiga rumah sakit dan 6 ventilator yang diserahkan.

Penyerahan tahap kedua juga telah dilakukan di Gedung Grahadi Surabaya pada 15 September 2020 dengan penerima 15 rumah sakit dan bantuan 44 ventilator yang diserahkan.

Pada Rabu, 16 September 2020 merupakan penyerahan tahap ketiga dengan penerima 15 rumah sakit dan 26 ventilator yang diserahkan.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: