Sukses

Jubir Wiku: Kandidat Vaksin COVID-19 Harus Sesuai dan Cocok untuk Indonesia

Pemerintah sudah membentuk tim pakar di bidang vaksin dan obat yang masuk dalam Satgas COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Terkait kehadiran vaksin di Indonesia, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah sudah membentuk tim pakar di bidang vaksin dan obat yang masuk dalam Satgas.

"Kehadiran tim pakar in untuk memastikan kadidat vaksin yang dibuat cocok dan sesuai untuk kepentingan memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia," kata Wiku dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan di Jakara pada Jumat (24/7/2020).

Wiku juga menegaskan bahwa ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam pembuatan vaksin yakni aman, tepat dan cepat.

"Aman, berarti vaksin tersebut harus memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia tanpa ada efek samping," tuturnya.

Lalu, tepat berarti vaksin itu menimbulkan kekebalan spesifik pada virus yang berkembang di Indonesia.

Kemudian, cepat ini berlaku pada uji klinis yang sebaiknya dilakukan cepat tapi juga aman. Juga nantinya dalam hal produksi mesti cepat dan memadai untuk masyarakat Indonesia.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Produksi Vaksin Sendiri

Pemerintah juga menginginkan produksi vaksin dilakukan oleh produsen yang berasal dari Indonesia. Sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa yang mandiri.

"Dalam hal ini sementara ada Bio Farma yang sebuah BUMN, juga ada rencana pihak swasta PT Kalbe," tuturnya.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan uji klinis fase tiga dari kandidat vaksin Sinovac dari China. Yang rencananya jika sukses bakal diproduksi oleh salah satu BUMN, Bio Farma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.