Sukses

Menteri Edhy: Menu Lebaran Tak Harus Opor Ayam, Bisa Ikan

Tak selalu opor ayam, menu Lebaran juga bisa produk-produk perikanan.

Liputan6.com, Jakarta Opor ayam dan rendang daging sapi biasa menghiasi meja makan saat Lebaran. Namun, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengajak masyarakat mengolah makanan dengan bahan dasar ikan pada Idulfitri kali ini.

"Merayakan Lebaran tidak harus memasak opor ayam atau rendang daging, tapi juga bisa produk perikanan yang memiliki manfaat dan kandungan gizi yang tinggi," kata Edhy seperti dikutip Antara, Minggu (24/5/2020).

Hal tersebut Edhy sampaikan saat membicarakan mengenai pembagian paket Lebaran Ikan. Ini adalah kegiatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang membagikan lima kilogram ikan segar ke masyarakat kurang mampu. Sekitar 15 ribu kepala keluarga mendapatkan paket Lebaran Ikan ini.

"Kegiatan ini menjadi wujud bakti kita kepada masyarakat di hari raya Idulfitri," ucapnya.

 

Edhy mengemukakan, produk ikan segar dalam Lebaran Ikan berasal dari para nelayan dan pembudidaya ikan.Selain bertujuan untuk menyerap produksi mereka, Edhy berharap kegiatan ini bisa meningkatkan minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan.

"Jadi gerakan ayo konsumsi ikan akan kita terus suarakan, dan lebaran ikan ini menjadi salah satu bentuknya," katanya.

Sebelumnya, di bulan Ramadan kali ini, KKP juga menginisiasi pembagian 15.000 nasi ikan. Dana dalam kegiatan ini berasal dari donasi seluruh pegwai baik pusat maupun UPT KKP.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.