Sukses

Kemenristek Teliti Pil Kina untuk Obat COVID-19

Pengobatan COVID-19 terus dicari. Kemenristek tengah menguji pil kina untuk obat atasi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tengah melakukan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji, dan minyak kelapa murni yang diharapkan dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari paparan COVID-19.

Menristek Bambang P. S. Brodjonegoro menyampaikan, uji klinis khususnya dilakukan di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kami sudah melakukan baik sistematic review, kemudian studi bioinformatika. Saat ini sedang melakukan uji klinis, khususnya di RS Wisma Atlet, terutama untuk bahan-bahan, seperti jahe merah, jambu biji dan kemudian juga virgin coconut oil," kata Bambang di Graha BNPB, Jakarta, kemarin (3/5/2020) sore.

Melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Kemenristek berharap dapat mendayagunakan suplemen yang sudah ada mengandung bahan-bahan di atas, sehingga cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Paling tidak (dapat) meningkatkan daya tahan terhadap COVID-19 ataupun menghasilkan suplemen baru yang diharapkan bisa menumbuhkan daya tahan tubuh terhadap COVID-19," lanjut Bambang.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Klinis Obat

Sementara itu, untuk obat yang diharapkan dapat mengatasi penyakit COVID-19, Bambang mengungkapkan, kementeriannya sedang melakukan uji klinis terhadap berbagai macam obat yang direkomendasikan dari luar negeri.

Sebut saja avigan, chloroquine, dan tamiflu. Selain itu, ada juga obat pil kina yang sedang dikembangkan di Indonesia.

"Pil kina (ini) sedang kita uji sebagai salah satu alternatif obat yang barangkali bisa meringankan beban penderita COVID-19," ujar Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.