Sukses

Tingkatkan Kapasitas Penanganan COVID-19, Dinkes Tambah Tempat Tidur untuk RS di Jakarta

Dirut RSUP Persahabatan sebut DKI Jakarta akan tambah kapasitas tempat tidur untuk rumah sakit dalam rangka penanganan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta DKI Jakarta akan menambah jumlah tempat tidur di rumah sakit yang ada dalam rangka membantu penanganan pasien COVID-19.

Hal ini diungkap oleh Dr. Rita Rogayah, Direktur Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dalam konferensi persnya di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta.

Rita mengatakan saat ini rumah sakit di DKI Jakarta telah menyiapkan sekitar 475 tempat tidur untuk penanganan COVID-19 di rumah sakit.

"Kemarin kami sudah mengadakan pertemuan dengan Dinas Kesehatan DKI, dalam waktu dekat, sampai tanggal 15 April ini, ditingkatkan menjadi 837 tempat tidur," kata Rita dalam konferensi persnya yang juga disiarkan secara daring.

"Sehingga kemampuan kami setiap saat kami usahakan menjadi meningkat dengan harapan semua yang membutuhkan kasus rujukan bisa kami tangani," Rita menambahkan.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RSUP Persahabatan akan Tingkatkan Kapasitas ICU

Di RSUP Persahabatan sendiri, Rita mengatakan akan meningkatkan kapasitas tempat tidur di Intensive Care Unit (ICU). Hal ini dalam rangka mempersiapkan rujukan kasus berat.

"Rumah Sakit Persahabatan dengan SDM yang ada saat ini kami akan meningkatkan ruangan ICU maksimal 16 tempat tidur," ujarnya.

"Tapi nanti akan didukung oleh rumah sakit-rumah sakit lainnya di sekitar DKI, mungkin kami akan meningkatkan lagi kapasitas untuk ICU-nya bisa meningkat menjadi lebih dari 100 tempat tidur," Rita menambahkan.

Rita mengatakan, awalnya RSUP Persahabatan hanya menyiapkan 24 tempat tidur di ruang isolasi. Namun secara bertahap, kapasitas bertambah hingga saat ini mampu menampung 100 tempat tidur.

Hingga Selasa, 7 April 2020, tercatat sebanyak 2.738 kasus positif COVID-19 terjadi di Indonesia. Selain itu, jumlah seluruh pasien yang meninggal dunia hingga kemarin sebanyak 221 orang dan mereka yang sembuh secara akumulatif sebanyak 204.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.