Sukses

RSHS Bandung Rawat Lima Pasien Dalam Pengawasan COVID-19 di Ruang Isolasi

Liputan6.com, Bandung - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung merawat lima pasien dalam pengawasan ketat COVID-19 di Ruang Isolasi Khusus Kemuning. Seluruh pasien itu merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terpapar dan berinteraksi secara intensif dengan pasien positif COVID-19.

Menurut Kepala Bidang Medik RSHS Bandung Zulvayanti, pasien yang sedang menjalani pengawasan ketat tersebut sebagian besar usia dewasa dan dua diantaranya lanjut usia. Zulvayanti mengatakan kondisi kesehatan mereka secara umum dinyatakan sehat.

“Dengan empat orang dengan keadaan baik dan stabil. Satu orang dengan alat bantu napas. Yang terakhir itu kita baru tadi malam menerima pasien tersebut dua orang, tapi seluruhnya kita sudah lakukan pemeriksaan, kita lakukan penanganan. Saat ini kita sedang menunggu hasil dari pemeriksaan laboratorium yang kita kirim ke Jakarta,” kata Zulvayanti di RSHS, Bandung, Senin, 9 Maret 2020.

Zulvayanti menjelaskan rincian riwayat pasien yang tengah dalam pengawasan ketat COVID-19 tersebut, dua orang baru menjalani umrah, dua orang pernah berinteraksi erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan satu orang baru pulang dari China. Zulvayanti menyebutkan pasien yang kini menggunakan alat bantu pernapasan baru pulang dari umrah karena merasakan sesak napas.

 

2 dari 3 halaman

Pasien dalam Kondisi Stabil

Satu pasien lainnya yang juga baru pulang umrah kondisinya stabil. Sama halnya dengan dua pasien yang pernah berinteraksi erat dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 kondisinya stabil.

“Berinteraksi saat berada di salah satu klub dansa di Jakarta. Dan kini dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung,” ucap Zulvayanti.

Sementara kondisi pasien yang pernah berada di China terang Zulvayanti, dalam kondisi stabil. Sampai saat ini RSHS Bandung telah merawat 11 pasien dengan pengawasan ketat COVID-19, enam pasien sebelumnya telah pulang usai dinyatakan negatif COVID-19. (Arie Nugraha)

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: